Cara kuliah di luar negeri

Berkuliah di Luar negeri tentunya merupakan impian semua orang. Namun meski begitu untuk dapat berkuliah di luar negeri tentunya bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara kuliah di luar negeri berikut ini beberapa caranya.

1. Riset Universitas Luar Negeri Yang Ingin dituju

Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri tentunya kamu harus riset terlebih dahulu terkait universitas yang ingin kamu tuju. Pertama kali tentukan Negara yang paling memungkinkan untuk kamu tuju, kemudian list beberapa universitas di Negara tersebut yang paling sesuai dengan bidang kuliah yang ingin kamu ambil dan anggaran biaya pendidikan kamu miliki. Terdapat banyak tempat kuliah di luar negeri yang murah namun berkualitas, tentunya kamu harus melakukan riset secara detail.

2. Tingkatkan Kemampuan dan Prestasi Akademik

Setelah kamu mendapatkan list beberapa universitas yang ingin kamu tuju selanjutnya kamu harus mempersiapkan diri kamu agar dapat diterima di universitas tersebut. Caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan dan prestasi akademik kamu. Apakah kuliah di luar negeri harus pintar? jawabannya tidak harus. Namun semakin banyak prestasi akademik yang kamu raih tentunya semakin besar pula peluang kamu diterima di Universitas tersebut.

3. Dapatkan Sertifikat Bahasa Inggris (TOEFL)

Cara daftar kuliah di luar negeri umumnya memerlukan sertifikat TOEFL. Sertifikat bahasa inggris (TOEFL) adalah salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan bila kamu ingin kuliah di luar negeri. Hampir semua universitas yang ada di luar negeri mewajibkan sertifikat Toefl sebagai syarat calon mahasiswa dapat diterima di universitas. Hal ini dikarenakan bahasa inggris merupakan bahasa utama yang digunakan oleh mahasiswa dalam proses perkuliahan. Oleh karena itu kamu harus meningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu sejak dini agar peluang kamu diterima juga semakin besar.

4. Ikuti Program Beasiswa

Ketika kamu sudah mempersiapkan dan memiliki semuanya, baik itu sertifikat TOEFL dan prestasi akademik lainnya kamu dapat mencoba program beasiswa yang ada di universitas yang ingin kamu tuju. Beasiswa merupakan salah satu cara agar bisa kuliah diluar negeri gratis. Apabila kamu beruntung tentunya kamu dapat berkuliah dengan menggunakan beasiswa yang kamu dapat, sehingga biaya pendidikan kamu akan lebih ringan.

Itulah beberapa cara kuliah di luar negeri setelah lulus SMA yang bisa kamu coba, semoga info diatas bisa menjadi referensi bagi kamu yang tertarik berkuliah diluar negeri. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.