konsultasi dengan guru pembimbing

Yang namanya permasalahan tidak akan pernah lepas dari seluruh sektor yang ada di sebuah Negara, termasuk pada sektor pendidikan di Indonesia. Sampai saat ini masalah pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya teratasi. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang teramat disayangkan karena kualitas pendidikan merupakan salah satu penentu dalam meningkatkan sumber daya manusia nasional. 

Dengan rendahnya kualitas sumber daya manusia tentu akan membuat perkembangan suatu Negara menjadi terhambat. Tanpa adanya kualitas sumber daya manusia yang mumpuni, sebanyak apapun kekayaan alam tidak akan bisa dimaksimalkan jika tidak ditangani orang-orang yang tepat. 

Kira-kira masalah apa saja sih yang dihadapi oleh bangsa kita dalam dunia pendidikan hingga saat ini. Yuk kita simak ulasannya. 

Masalah Pendidikan di Indonesia

1. Ketersediaan Dana Pendidikan Yang Terbatas

Permasalahan pendidikan di Indonesia

Ketika kita membahas masalah dana, bukan berarti kita hanya membahas seputar biaya pendidikan di lembaga formal maupun informal saja loh ya. Biaya properti dan fasilitas pendidikan lainnya seperti buku, alat tulis, seragam sekolah dan termasuk juga transportasi  ke dalamnya. 

Nggak cuma itu saja, bagi kalangan yang mengalami ekonomi menengah ke bawah, mereka tentu akan lebih memilih bekerja sekadar memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin tinggi daripada harus meneruskan pendidikannya.

Sebenarnya, pemerintah memang sudah membuat rencana pendidikan gratis dan program Wajib Belajar selama dua belas Tahun untuk mengatasi hal itu Akan tetapi, masalah pendidikan di Indonesia yang menyangkut soal dana ternyata tidak bisa teratasi semudah itu. 

Hal itu dikarenakan tidak tersebarnya alokasi dana program pendidikan secara merata. Perlu kita tahu, menurut HSBC Global Report 2017, Indonesia merupakan salah satu negara dengan biaya pendidikan termahal di dunia loh. 

2. Bahan Belajar Mengajar Yang Masih Minimum

Masalah pendidikan di Indonesia

Kurangnya bahan belajar mengajar juga masih menjadi masalah dalam pendidikan di tanah air kita. Guna menunjang kualitas belajar siswa, seharusnya pelajar dapat dengan mudah memperoleh buku pelajaran atau lembar latihan soal yang mereka butuhkan.

Terkadang tidak adanya perpustakaan atau bahan belajar gratis juga dapat menghambat proses pembelajaran murid. Bantuan seharusnya dialokasikan berupa perlengkapan belajar dan bahan ajar diberikan lebih banyak ke wilayah-wilayah yang minim bahan ajar.

Nggak Cuma itu saja, guru pun memerlukan bahan ajar dengan materi yang berkualitas dan tentunya sesuai dengan kurikulum terbaru sekarang.

Kegiatan mengajar menjadi kurang maksimal, jika tenaga pendidik masih kurang bahan ajar dan masih menggunakan Kurikulum yang ketinggalan zaman. Hal itu tentu dapat mempengaruhi  proses penyerapan ilmu oleh murid.

3. Sarana dan Prasarana Masih Kurang Memadai

Masalah pendidikan indonesia

Masalah pendidikan di Indonesia yang satu inilah yang masih paling banyak dikeluhkan, baik oleh orang tua murid, guru dan murid.  Ini merupakan masalah yang klasik dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terutama sekolah-sekolah yang ada di pedesaan, pinggiran dan sekolah yang ada di daerah yang terisolir. 

4. Jumlah Guru Yang Terampil Masih Terbatas

Masalah pendidikan di Indonesia

Guru-guru terampil umumnya hanya tersebar di wilayah perkotaan saja, sedangkan di desa terpencil sangat jarang ditemukan guru-guru yang terampil. 

Ada banyak faktor hal ini bisa terjadi. Dari sekian banyak alasan, salah satunya masalah minat dari guru itu sendiri. Guru lebih banyak yang memilih tempat mengajar yang mudah diakses dari segi transportasi dan akses untuk menemukan kebutuhannya dengan mudah. Memang masih ada guru yang tergerak hatinya untuk mengajar ke desa terpencil, namun hanya sebagian kecil saja.

5. Mahalnya Biaya Pendidikan

Mahalnya biaya pendidikan di indonesia

Seperti yang kita tahu masalah pendidikan di Indonesia yang paling mendasar sebenarnya ada pada masalah biaya pendidikan yang terbilang mahal. Meskipun pemerintah sudah menyiapkan program gratis, tetap saja ada bagian yang membayar dan program tersebut tidak merata sampai ke pelosok daerah.

 

Itulah beberapa permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini. Di POSI sendiri saat ini kami memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi. Salah satunya adalah dengan cara mengadakan program pelatihan dan juga kompetisi olimpiade dengan soal-soal berkualitas, baik itu untuk tingkat siswa maupun tingkat guru. Dengan program -program ini harapannya pendidikan di Indonesia akan menjadi lebih baik lagi.

Bagi kamu yang tertarik untuk meningkatkan ilmu atau ingin melatih wawasan, kamu juga dapat bergabung menjadi Member POSI  dan mengikuti berbagai program pelatihan maupun kompetisi yang kami adakan.

 

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.