POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Menonton film adalah salah satu cara yang efektif untuk belajar sambil bersantai. Bagi anak-anak yang tertarik dengan dunia sains, ada banyak film yang bisa menginspirasi dan menambah pengetahuan mereka.

Contents

5 Rekomendasi Film Sains

Berikut ini adalah 5 rekomendasi film sains yang sangat cocok untuk anak olimpiade. Dengan menonton film-film ini, mereka bisa mendapatkan wawasan baru dan semakin termotivasi untuk mengejar prestasi dalam bidang sains.

1. The Theory of Everything

The Theory of Everything adalah film biografi yang menceritakan kehidupan Stephen Hawking, seorang fisikawan terkenal yang memberikan kontribusi besar dalam dunia ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang kosmologi.

Film ini tidak hanya mengisahkan perjalanan akademik dan penemuan-penemuan ilmiahnya, tetapi juga perjuangannya melawan penyakit ALS yang membuatnya kehilangan kemampuan untuk bergerak dan berbicara.

Melalui film ini, anak-anak olimpiade bisa belajar tentang kegigihan, semangat pantang menyerah, dan betapa pentingnya berkontribusi pada ilmu pengetahuan meski menghadapi rintangan besar.

2. Hidden Figures

Hidden Figures adalah film yang mengisahkan tiga wanita ilmuwan Afrika-Amerika yang bekerja di NASA pada era 1960-an. Katherine Johnson, Dorothy Vaughan, dan Mary Jackson memainkan peran penting dalam peluncuran astronot John Glenn ke orbit.

Film ini menunjukkan bagaimana mereka menghadapi diskriminasi rasial dan gender sambil tetap berprestasi di bidang sains dan teknologi. Anak-anak olimpiade dapat mengambil pelajaran berharga tentang keberanian, kerja keras, dan pentingnya keberagaman dalam ilmu pengetahuan dari film ini.

3. October Sky

October Sky adalah film yang didasarkan pada kisah nyata Homer Hickam, seorang anak muda dari kota kecil di West Virginia yang terinspirasi untuk membangun roket setelah melihat peluncuran satelit Sputnik.

Meskipun menghadapi banyak tantangan dan keterbatasan, Homer dan teman-temannya berhasil membuat roket dan memenangkan kompetisi ilmiah nasional. Film ini mengajarkan anak-anak olimpiade tentang pentingnya tekad, inovasi, dan kerja sama tim dalam mencapai impian ilmiah mereka.

4. Interstellar

Interstellar adalah film fiksi ilmiah yang menggambarkan misi sekelompok astronaut yang berusaha menemukan planet baru yang layak huni setelah Bumi mengalami kerusakan lingkungan yang parah. Film ini menggabungkan konsep-konsep ilmiah seperti teori relativitas, lubang cacing, dan gravitasi dalam cerita yang menegangkan dan penuh petualangan.

Meskipun beberapa aspek ilmiahnya diperdebatkan, Interstellar tetap menjadi sumber inspirasi yang baik bagi anak-anak olimpiade yang tertarik dengan astronomi dan fisika.

5. Apollo 13

Apollo 13 adalah film yang menceritakan kisah nyata misi Apollo 13 yang mengalami kegagalan teknis dalam perjalanannya ke Bulan. Para astronot harus bekerja sama dengan tim di NASA untuk mencari cara agar mereka bisa kembali ke Bumi dengan selamat.

Film ini menunjukkan pentingnya ketelitian, kreativitas, dan kerja sama dalam menghadapi situasi darurat. Anak-anak olimpiade bisa belajar banyak dari strategi pemecahan masalah dan koordinasi tim yang diperlihatkan dalam film ini.

Mengapa Menonton Rekomendasi Film Sains?

Menonton film sains tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memperluas pengetahuan dan menumbuhkan rasa ingin tahu tentang dunia ilmiah. Berikut beberapa alasan mengapa rekomendasi film sains penting bagi anak olimpiade:

  1. Inspirasi: Film-film ini menampilkan tokoh-tokoh yang menginspirasi dengan cerita perjuangan dan keberhasilan mereka di bidang sains.
  2. Pembelajaran Visual: Melalui film, konsep-konsep ilmiah yang kompleks bisa dijelaskan dengan cara yang lebih mudah dipahami dan menarik.
  3. Motivasi: Melihat kisah nyata atau fiksi yang menampilkan pencapaian besar dalam sains dapat memotivasi anak-anak untuk terus belajar dan berprestasi.
  4. Pengembangan Kritis: Menonton film sains juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan menganalisis dan memikirkan kembali apa yang telah dipelajari.

Kesimpulan

Itulah 5 rekomendasi film sains yang bisa menjadi tontonan berharga bagi anak-anak olimpiade. Setiap film tidak hanya menyajikan cerita yang menarik, tetapi juga memberikan pelajaran penting tentang ketekunan, inovasi, dan kerja keras. Dengan menonton rekomendasi film sains ini, anak-anak olimpiade dapat memperkaya wawasan mereka dan semakin termotivasi untuk berprestasi dalam dunia sains. Selamat menonton dan semoga terinspirasi!

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI.

Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Cek informasi dan artikel menarik di Blog POSI.

Pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.