POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Halo JawaraPOSI di mana pun kalian berada! Dalam memilih universitas banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan, misalnya jurusan, passing grade, lokasi, dan kualitas pendidikan dari kampus yang kamu pilih. Buat kamu yang domisilinya di daerah Sumatera Utara dan sekitarnya, pasti pengen dong untuk mencari kampus di kota Medan. Selain karena berada di ibu kota Sumut, 5 PTN dan PTS terbaik dan terpopuler di Sumatera Utara juga ada di kota ini. Kira-kira apa aja 5 universitas terbaik di Medan di tahun 2023 versi website 4icu? Yuk, cek dulu artikel yang satu ini.

Contents

Universitas Medan Area (UMA)

Universitas Medan Area atau UMA adalah universitas terbaik di Medan tahun 2023. Berada di peringkat 24 se-Indonesia, UMA adalah perguruan tinggi swasta terbaik nomor 1 di Medan. Kampus ini memiliki delapan fakultas yaitu Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Agama Islam. 

Buat kamu yang nggak mempermasalahkan harus masuk universitas swasta, boleh banget untuk mempertimbangkan UMA sebagai pilihan. Universitas ini juga memiliki fasilitas dan sarana penunjang keberlangsungan aktivitas belajar mengajar yang keren dan lengkap.

Universitas Sumatera Utara (USU)

USU nggak pernah sepi peminat. Universitas negeri yang ada di jalan Dokter Mansyur Medan ini sudah berdiri sejak tahun 1957 dan terus berkembang menjadi salah satu universitas terbaik dan bergengsi di Indonesia. Peminat USU berasal dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari negara-negara tetangga. Fakultas Kedokteran sebagai fakultas tertua di kampus ini adalah salah satu yang peminatnya paling tinggi yaitu sejumlah 2.612 orang di tahun 2022. 

USU juga telah sudah berganti status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) ke-7 di Indonesia sejak 2018. Universitas dengan julukan Green Campus ini memiliki fasilitas dan sarana penunjang kegiatan belajar yang lengkap dan tenaga pengajar dengan kredibilitas yang teruji.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Pada posisi ketiga universitas terbaik di Medan ada UMSU. Universitas swasta berbasis Islam ini berada di peringkat 66 se-Indonesia di tahun 2023. Kampus ini didirikan sejak tahun 1957 sebagai persyarikatan organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Memiliki misi untuk mencetak lulusan-lulusan terbaik yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjunjung nilai-nilai keislaman. UMSU memiliki delapan fakultas yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Isipol, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yang sebelumnya bernama Insititut Agama Islam Negeri Medan adalah universitas terbaik di medan ke-4. Kampus yang berlokasi di jalan Willem Iskandar ini memiliki fakultas-fakultas yang berbasis agama seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Universitas Negeri Medan (Unimed)

Universitas Negeri Medan (Unimed) adalah universitas terbaik di Medan peringkat ke-5. Kampus berbasis pendidikan ini berada tak jauh dari UINSU. UNIMED juga salah satu kampus di Indonesia yang memiliki program studi seni. Kampus ini juga memiliki digital library terbesar di Sumatera Utara. Jika kamu ingin kuliah di kota Medan, Unimed bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Nah itu dia 5 universitas terbaik di Medan 2023 versi 4icu.org. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu dalam memilih universitas yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Namun, selain mempertimbangkan peringkat universitas, pastikan juga untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti lokasi, biaya, program studi, fasilitas, dan pengalaman mahasiswa lainnya sebelum membuat keputusan akhir.

Dapatkan informasi lebih mendalam seputar kompetisi online dan offline POSI hanya di posi.id. Pastikan juga untuk mendaftar di MemberPOSI untuk mengikuti kompetisi secara online. Share juga kalau menurut kamu info ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.