Karakteristik Benua Afrika

Karakteristik benua Afrika memiliki perbedaan dengan karakterisrik benua lainnya. Berikut ini beberapa karakteristik benua Afrika.

1. Merupakan Benua Terbesar Kedua di Dunia

Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua didunia setelah benua Asia. Luas wilayahnya mencapai 30.224.050 km persegi, atau sekitar 20% dari seluruh wilayah daratan yang ada di Bumi.

2. Memiliki Wilayah Yang di Dominasi Oleh Dataran Tinggi dan Gurun

Dari segi fisik benua Afrika memiliki karakteristik wilayah yang berbeda dengan wilayah benua lainnya. Sebagian besar wilayah benua Afrika umumnya didominasi oleh dataran tinggi dan juga gurun yang luas. Sebagian kecil wilayah lainnya terdapat lembah sungai nil dan sungai zaire yang mana berada dikawasan dataran rendah yang subur.

3. Memiliki Banyak Jenis Fauna

Kondisi alam di wilayah benua Afrika secara keseluruhan memiliki perbedaan karakteristik dengan kondisi alam yang ada di benua lainnya. Kondisi alam di afrika sangat mendukung dalam penyebaran dan perkembangan berbagai jenis fauna atau hewan di benua afrika. Beberapa jenis faunanya yang merupakan khas benua Afrika antara lain adalah Gajah, Jerapah, Singa, Badak, Kuda nil, dll. Dari segi fisik ukuran tubuh hewan yang ada di benua Afrika juga cenderung lebih besar ketimbang hewan sejenis yang ada di benua Asia, Eropa, dan benua lainnya.

4. Memiliki Penduduk Yang di Dominasi Oleh Ras Kulit Hitam

Memiliki jumlah penduduk sekitar 944 juta jiwa, Benua Afrika merupakan salah satu benua yang mendapat julukan sebagai benua hitam. Hal ini dikarenakan pada abad ke 19 bangsa Eropa pertama kali mendatangi benua Afrika dan menemukan penduduk asli Afrika yang didominasi oleh bangsa kulit hitam (ras Negroid).

5. Memiliki Perekonomian Menengah Kebawah

Dari segi perekonomian benua Afrika merupakan salah satu benua yang memiliki perekonomian menengah kebawah jika dibandingkan dengan benua-benua lainnya seperti Asia, Eropa, dan dan Amerika. Hal ini dikarenakan faktor iklim dan karakteristik wilayah Afrika yang kering, sehingga mengakibatkan penduduk kesulitan mendapatkan lahan untuk aktifitas pertanian dan peternakan. Tidak heran saat ini masih banyak Negara-negara di benua Afrika yang masih berjuang melawan kemiskinan.

6. Memiliki Sungai Terpanjang di Dunia

Meski memiliki karakteristik wilayah yang kering benua Afrika ternyata memiliki sungai terpanjang di dunia, yaitu sungai Nil. Sungai yang memiliki panjang sekitar 6.650 Km ini melewati 11 negara, yaitu Negara Mesir, Tanzania, Rwanda, Uganda, Burundi, Congo, Ethiopia, Kenya, Eritrea, Sudan Selatan, dan Sudan. Sumber aliran Sungai Nil sendiri berasal dari Danau Victoria, dan menjadi sumber air utama bagi Negara Mesir dan Sudan.

Inilah beberapa karakteristik benua afrika yang wajib kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.