Karakteristik Benua Amerika

Karakteristik benua Amerika memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan benua-benua lainnya.

1. Memiliki Luas Hingga 42.549.000 Kilometer persegi

Benua Amerika merupakan salah satu benua yang memiliki wilayah yang cukup luas. Luas wilayah Amerika Utara mecapai 24.709.000 kilometer persegi, sedangkan wilayah Amerika Selatan memiliki luas sekitar 17.840.000 kilometer persegi. Sehingga bila di jumlahkan secara keseluruhan mencapai 42.549.000 Kilometer persegi.

2. Memiliki Penduduk Asli Suku Indian

Banyak yang tidak mengetahui bahwa penduduk asli benua Amerika adalah suku Indian. Indian adalah salah satu ras suku yang memiliki karakteristik khas warna kulit kemerah-merahan. Warna merah ini disebabkan oleh kebiasaan suku Indian yang suka melumuri tubuh mereka dengan cat berwarna merah. Karena hal ini juga benua Amerika akhirnya mendapatkan julukan sebagai “benua merah”.

3. Memiliki Peninggalan Situs Sejarah Machu Picchu

Benua Amerika memiliki salah satu peninggalan situs sejarah yang cukup populer di dunia, yaitu Machu Picchu. Macchu Picchu merupakan peninggalan peradaban suku Inca yang dijuluki sebagai “kota yang hilang”. Hal ini dikarenakan keberadaannya yang tersembunyi dibalik hutan Andes yang cukup sulit untuk dilewati. Namun seiring berjalannya waktu situs Machu Piccu akhirnya ditemukan oleh Hiram Bingham III pada tahun 1911 di Peru.

4. Memiliki Lembah Sungai Terluas di Dunia

Benua Amerika memiliki sungai terluas di Dunia, yaitu Sungai Amazon. Sungai ini melewati beberapa wilayah Negara seperti Brasil, Peru, Bolivia, Kolombia, dan Ekuador. Sungai ini juga termasuk salah satu sungai yang cukup berbahaya, dimana terdapat berbagai hewan buas seperti Buaya, Ular, Piranha, dll.

5. Memiliki Lembah Terbesar di Dunia

Selain sungai benua Amerika juga lembah terbesar di Dunia, yaitu Grand Canyon. Berada di utara Arizona, lembah Grand Canyon yang terbentuk oleh sungai Colorado ini memiliki panjang sekitar 446 Km. Lembah ini pertama kali ditemukan oleh Garcia Lopez de Cardenaz asal Spanyol pada tahun 1540.

6. Memiliki Perekonomian Yang Baik

Memiliki wilayah yang luas, sumber daya alam yang banyak, serta pengaruh geopolitik yang kuat menjadikan benua Amerika sebagai salah satu benua yang memiliki perekonomian yang cukup baik. Terdapat 5 negara di benua Amerika yang termasuk kedalam G20, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Brazil, dan Meksiko.

Inilah beberapa karakteristik benua Amerika yang wajib kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.