Penemu Listrik

Listrik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Ada banyak ilmuwan yang berhasil menemukan listrik setelah melakukan beberapa percobaan. Inilah beberapa penemu listrik dalam sejarahnya.

1. Thales

Siapa penemu listrik statis? Dialah Thales Penemu Listrik pertama kali asal Yunani sekitar tahun 600 sebelum masehi. Ia pertama kali menemukan listrik ketika melihat batu amber yang digosokkan pada kain wol. Proses penggosokkan antara kedua benda tersebut menarik benda ringan lain di sekitarnya. Peristiwa tersebut merupakan contoh listrik statis. Hal inilah yang menjadi awal dari penemuan listrik.

2. William Gilbert

Peristiwa batu amber hasil penelitian Thales kemudian dilanjutkan oleh William Gilbert, seorang ilmuwan asal inggris yang akhirnya berhasil menemukan listrik. Fenomena pada penelitian tersebut dinamakan electric yang berasal dari bahasa yunani electron yang artinya batu amber.

  

3. Charles Du Fay

Penemu selanjutnya yang meneliti listrik adalah Charles Du Fay, seorang peneliti berasal dari perancis. Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 1739, dimana ditemukan bahwa listrik terdiri atas muatan positif dan negative.  

4. Benjamin Franklin

Penemu listrik selanjutnya yang cukup populer adalah Benjamin Franklin, seorang ilmuwan asal Amerika. Benjamin franklin melakukan percobaan dengan menerbangkan layang-layang yang terdapat kunci besi ke atas langit yang sedang memiliki banyak petir. Alhasil petir pun menyambar ke kunci besi tersebut dan memercikkan api kecil yang mengenai tangannya. Dari percobaan tersebut ditemukanlah bahwa itu adalah listrik.

5. Alessandro Volta

Penemu listrik selanjutnya adalah Alessandro Volta, seorang ilmuwan asal Italia yang melakukan penelitian pada tahun 1800.  Pada penelitian tersebut Volta memasukkan kertas kedalam air garam, lalu meletakkan zinc dan tembaga pada kedua ujung kertas tersebut. Alhasil reaksi kimia pada percobaan tersebut berhasil menghasilkan listrik. Inilah awal mula penemuan sel listrik yang mana kemudian Volta berhasil membuat baterai sebagai sumber listrik dengan cara menghubungkan banyak sel listrik. Atas penemuan luar biasa ini nama Volta pun akhirnya diabadikan sebagai nama satuan Volt untuk mengukur perbedaan tegangan listrik.  

6. Michael Faraday

Penemu listrik selanjutnya adalah Michael Faraday, seorang ilmuwan asal inggris. Pada penelitiannya, Michael Faraday menemukan bahwa listrik bisa dibuat dengan mengalirkan magnet dengan kawat tembaga. Berkat penemuan besar ini banyak peralatan-peralatan listrik yang akhirnya diciptakan untuk membantu memudahkan manusia. Hal ini dikarenakan hampir semua peralatan listrik yang ada saat ini terbuat dari magnet dan kabel tembaga, baik generator listrik maupun motor listrik.

Itulah beberapa penemu listrik yang berpengaruh di dunia. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.