Karakteristik Benua Asia

Karakteristik benua Asia dan benua lainnya tentunya berbeda-beda. Karakteristik benua Amerika umumnya memiliki iklim maupun penduduk yang berbeda dengan Asia, begitu juga dengan batas-batas benua asia. Sebagai salah satu benua terbesar di dunia berikut ini penjelasan karakteristik benua Asia.

Karakteristik Benua Asia

Berikut ini beberapa karakterisik dari Benua Asia.

1. Merupakan Benua Terluas di Dunia

Asia merupakan salah satu benua terluas di dunia diantara benua lainnya. Memiliki luas sekitar 43.998.920 kilometer persegi, benua Asia memiliki wilayah hampir 1/3 daratan yang ada di dunia.

2. Terbagi Atas 5 Wilayah

Benua Asia terbagi atas 5 wilayah, yaitu Asia Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Utara, dan Asia Tenggara. Karakteristik benua Asia selatan berbeda dengan benua Asia wilayah lainnya, masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Indonesia sendiri termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara (ASEAN) bersama Singapura, Thailand, dan beberapa negara lainnya.

3. Memiliki 5 Jenis Iklim

Dari segi iklim benua Asia memiliki 5 jenis iklim, yaitu iklim Subtropis basah, iklim Tropis basah, iklim dingin, iklim Gurun, dan iklim Kontinental.

4. Memiliki Populasi Terbanyak di Dunia

Berdasarkan jumlah populasi, benua Asia memiliki populasi terbanyak di dunia dibandingkan dengan benua lainnya. Jumlah populasi benua Asia saat ini diperkirakan sekitar 4 miliar jiwa. Beberapa Negara di benua Asia yang memiliki populasi terbanyak antara lain China, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.

5. Memiliki Laut Yang Terluas

Benua Asia merupakan salah satu benua yang memiliki laut yang terluas. Salah satu laut terluas di Asia adalah laut China Selatan.

6. Memiliki Gurun Yang Luas

Selain memiliki laut terluas, Benua Asia juga memiliki gurun yang luas diantara yang lainnya. Beberapa gurun tersebut antara lain adalah Gurun Gobi, Gurun Taklamakan, dan Gurun Ordos.

7. Memiliki Gunung Yang Tertinggi

Karakteristik Benua Asia lainnya adalah memiliki Gunung yang tertinggi di dunia, yaitu Gunung Everest. Gunung yang berada di perbatasan Nepal dan Tiongkok ini memiliki tinggi mencapai hingga 8.850 meter di atas permukaan laut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai karakteristik dari Benua Asia. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.