Karakteristik Benua Australia

Karakteristik benua Australia memiliki keunikan tersendiri dibandingkan benua-benua lainnya. Berikut ini karakteristik benua Australia yang wajib kamu ketahui.

1. Merupakan Benua Terkecil di Dunia

Australia merupakan salah satu benua terkecil di dunia. Luas wilayah daratannya mencapai 7.741 juta kilometer persegi yang mana dikelilingi oleh lautan yang cukup luas, bahkan merupakan wilayah laut terbesar ketiga didunia.

2. Hanya Terdapat Satu Negara Saja

Benua Australia berbeda dengan benua-benua lainnya yang memiliki banyak Negara. Di Benua Australia hanya terdapat satu Negara saja, yaitu Negara Australia dengan ibukotanya Canberra. Tidak heran karena hal ini benua Australia disebut juga sebagai “Benua Negara”.

3. Merupakan Benua Terkering Kedua di Dunia

Benua Australia merupakan salah satu benua terkering kedua di dunia setelah benua Antartika. Hal ini dikarenakan sekitar 20 persen wilayah benua Australia adalah gurun dan cuaca di benua Australia memiliki lagi curah hujan rata-rata yang rendah. Sehingga mengakibatkan sering terjadinya kebakaran hutan akibat dari cuaca panas yang kering dan angin yang berhembus kencang.

4. Memiliki Batu Granit Terbesar di Dunia

Benua Australia merupakan salah satu benua dimana terdapat batu granit terbesar di dunia, yaitu batu granit Ayers Rock atau dikenal juga dengan nama Uluru. Batu Ayers Rock merupakan sebuah monolit yang memiliki tinggi mencapai 348 meter dari permukaan sekitar dan merupakan tempat sakral bagi suku asli Australia.

5. Memiliki Penduduk Asli Suku Aborigin

Benua Australia memiliki berbagai ras suku di dalamnya, mulai dari Melanesia, Polinesia, Eropa, dan Asia. Namun beberapa ras suku tersebut bukanlah ras suku asli. Ras asli di Benua Australia sendiri adalah suku Aborigin, salah satu suku yang pertama kali menginjakkan kaki di benua Australia. Mereka umumnya memiliki ciri khas kulit gelap, rambut keriting, dan hidup berpindah-pindah.

6. Memiliki Sumber Daya Alam Mineral Yang Melimpah

Meski merupakan salah satu benua dengan wilayah terkering benua Australia ternyata memiliki sumber daya alam mineral yang sangat melimpah. Beberapa sumber daya alam mineralnya antara lain adalah minyak bumi, batu bara, dll.

7. Merupakan Habitat Hewan Endemik Kangguru dan Koala

Salah satu keunikan dari benua Australia adalah merupakan habitat hewan endemic Kangguru dan Koala. Jumlah populasi hewan Kangguru dan Koala memang cukup tinggi disini. Untuk jumlah populasi Kangguru sendiri saat ini hampir mencapai 2 kali lipat penduduk yang menempati benua tersebut. Tidak heran karena hal ini Negara Australia disebut juga sebagai Negara kangguru.

Itulah beberapa karakteristik benua Australia yang wajib kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.