Negara Termiskin di Dunia

Negara termiskin di dunia umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tingginya tingkat pengangguran, rendahnya kualitas pendidikan, dan berbagai faktor lainnya. Dilihat berdasarkan besarnya nilai GNI per kapita pada sebuah negara, berikut ini beberapa Negara termiskin di dunia yang wajib kamu ketahui.

1. Burundi

Negara termiskin di Afrika sekaligus negara termiskin di dunia nomer 1 saat ini adalah Negara Burundi, yang mana hanya memiliki tingkat GNI sebesar 270 USD per kapita. Akses air dan sanitasi di Negara ini masih cukup rendah dan hanya sekitar 4 persen penduduknya yang memiliki listrik. Kemiskinan di Negara yang berpenduduk 12 juta jiwa ini disebabkan oleh masih terjadinya konflik dan perang etnis Hutu-Tutsi. Selain itu sekitar 90% penduduknya juga sangat bergantung pada pertanian, sehingga cukup mempengaruhi perekonomian dinegara ini.

2. Somalia

Negera termiskin kedua setelah Burundi adalah Negara Somalia. Negara Somalia saat ini memiliki tingkat GNI sebesar 310 USD per kapita. Tingkat kemiskinan di Negara ini disebabkan oleh pemerintah Somalia yang tidak dapat mengikuti pertumbuhan penduduknya yang cukup cepat, yaitu mencapai sekitar kurang lebih 3 persen setiap tahunnya. Ketidaksiapan ini alhasil menyebabkan aspek kesehatan dan perekonomian di Negara ini menjadi tidak stabil.

3. Mozambik

Mozambik merupakan Negara termiskin selanjutnya setelah Somalia. Negara yang berada di Afrika Tenggara ini memiliki tingkat GNI sebesar 460 USD perkapita. Hampir sama dengan Somalia, kemiskinan yang terjadi Mozambik disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan penduduk di Negara ini yang tidak terkontrol. Akibatnya pengangguran di Negara ini semakin meningkat dan berdampak pada kesehatan yang semakin buruk.

4. Madagaskar

Negara termiskin selanjutnya adalah Negara Madagaskar, yaitu dengan nilai GNI sebesar 480 USD per kapita. Perekonomian di Negara berasal dari sektor pertanian, tekstil, pertambangan, dan pariwisata. Infrastruktur kesehatan dan pendidikan dinegara ini masih sangat buruk. Selain itu pendapatan pajak juga menurun sehingga terjadi ancaman pangan.

5. Sierra Leone

Sierra Leone adalah Negara lainnya yang termasuk sebagai salah satu Negara termiskin di dunia. Negara yang berada di wilayah Afrika Barat ini memiliki tingkat GNI sebesar 490 USD per kapita. Perekonomian di Sierra Leone sangat bergantung pada bidang sektor pertambangan dan pertanian. Hampir sekitar 60% penyumbang PDB di Sierra Leone berasal dari sektor pertanian. Beras menjadi salah satu komoditas ekspor paling utama di Negara ini.

6. Afghanistan

Negara termiskin selanjutnya adalah Afghanistan, yang mana juga merupakan Negara termiskin di Asia. Negara dengan mayoritas Muslim ini memiliki tingkat sebesar 500 USD per kapita. Tingkat kemiskinan yang terjadi di Afghanistan salah satunya disebabkan oleh rendahnya tingkat membaca para penduduknya, yaitu hanya sekitar 38% dari populasi yang berusia 15 tahun keatas.

7. Republik Afrika Tengah

Negara Termiskin di dunia lainnya adalah Republik Afrika Tengah. Negara yang memiliki tingkat GNI sebesar 510 USD per kapita ini hanya bergantung pada sektor pertanian untuk memenuhi perekonomian mereka. Beberapa komoditas yang sering di ekspor ke Negara lain adalah kopi, tembakau, dan kapas.

Itulah beberapa Negara Termiskin yang ada di dunia. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.