Sumber daya alam kamboja

Sumber daya alam kamboja bisa dibilang sangat melimpah, terutama untuk di wilayah Asia Tenggara. Negara yang memiliki peninggalan sejarah Angkor Wat ini memiliki beberapa sektor yang cukup potensial. Bidang pertanian, pertambangan, dan sumber daya alam perikanan kamboja merupakan beberapa industri yang cukup potensial di negara ini. Bagi kamu yang ingin tahu apa saja sektor potensialnya, berikut ini beberapa sumber daya alamnya.

1. Minyak Bumi

Salah satu sumber daya alam yang kini ingin dikembangkan oleh Kamboja adalah Minyak bumi. Minyak bumi Kamboja pertama kali ditemukan di wilayah teluk Thailand. Meningkatnya permintaan minyak di wilayah Asia membuat Pemerintah Kamboja mengambil kebijakan untuk memproduksi minyak mentah untuk pertama kalinya.

2. Gas Alam

Selain Minyak Bumi Kamboja juga memiliki gas alam sebagai salah satu sumber daya alam mereka. Dengan adanya gas alam Kamboja mampu meningkatkan perekonomian mereka.

3. Batu Permata

Batu permata juga merupakan salah satu sumber daya alam yang ada di negara ini. Beberapa jenis batu permatanya antara lain Safir dan Ruby. Kedua jenis batu permata ini memiliki peminat yang cukup tinggi, terutama dari luar negeri.

4. Karet

Hampir sama dengan Indonesia, Kamboja juga merupakan Negara yang memiliki getah sebagai salah satu sumber daya alamnya. Hal ini dikarenakan struktur lahan yang ada di negara ini sangat baik untuk perkembangan tanaman karet.

5. Beras

Dibidang pertanian Kamboja memiliki Beras sebagai salah satu sumber daya alamnya. Kualitas beras dari Kamboja juga cukup baik dan memiliki harga yang relatif lebih murah. Tidak heran bila pemerintah mereka melakukan program kerjasama kamboja dengan negara lain dalam hal ekspor beras.

6. Kayu

Kayu merupakan salah satu sumber daya alam yang cukup melimpah di Kamboja. Hal ini dikarenakan Negara kamboja memiliki lahan hutan yang cukup luas, sehingga mereka dapat dengan mudah mendapatkan kayu.

7. Umbi-umbian

Sumber daya alam lainnya di bidang pertanian yang dimiliki oleh negara ini adalah Umbi-umbian. Hal ini dikarenakan Kamboja memiliki tanah yang subur sehingga baik untuk industri pertanian. Umbi-umbian termasuk sumber daya alam hutan kamboja yang cukup potensial.

Itulah beberapa sumber daya alam yang ada di Negara Kamboja. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.