Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik cerpen merupakan aspek penting yang wajib ada dalam sebuah cerpen (cerita pendek). Berikut ini pengertian beserta unsur intrinsik cerita pendek.

Pengertian Cerpen

Cerpen adalah sebuah cerita singkat atau pendek yang isinya tidak lebih dari 10.000 kata serta umumnya memusatkan pada satu kejadian, tokoh, atau permasalahan.

Unsur Intrinsik Cerpen

1. Tema

Unsur instrinsik Tema adalah salah satu unsur intrinsik dalam cerpen berupa gagasan utama yang ingin disampaikan dalam cerita oleh pengarang.

2. Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah salah satu unsur intrinsic dalam cerpen berupa pelaku dalam sebuah cerita yang terbagi atas pelaku utama, dan tokoh tambahan. Sedangkan Penokohan adalah karakter atau watak tokoh yang ada pada sebuah cerita.

3. Latar

Latar adalah salah satu unsur intrinsik cerpen yang merupakan gambaran dari lokasi, waktum dan suasana dalam cerita tersebut.

4. Alur

Alur adalah salah satu unsur intrinsik cerpen yang merupakan rangkaian kronologi bagaimana kejadian dalam cerita terjadi. Alur terbagi atas 3, yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran.

5. Plot

Plot adalah salah satu unsur intrinsik yang mana merupakan gambaran kejadian yang terdapat hubungan sebab akibat didalamnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang adalah salah satu unsur intrinsik yang merupakan pandangan pengarang terhadap cerpen. Sudut pandang sendiri terbagi atas 2, sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga.

7. Amanat

Gaya bahasa adalah salah satu unsur instrinsik yang merupakan pesan moral yang terdapat pada cerpen yang disampaikan oleh penulis.

8. Gaya Bahasa

Gaya Bahasa adalah salah satu unsur intrinsik yang merupakan pemakaian ragam bahasa yang pada sebuah cerita yang berfungsi untuk memberi kesan yang lebih menarik dengan penggunaan majas.

Itulah beberapa pengertian cerita cerpen dan beberapa unsur intrinsik pada cerpen. Semoga info diatas bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.