Pilih bidang kompetisi

Tren pekerjaan yang sifatnya dinamis membutuhkan langkah antisipasi paling tepat agar pencari kerja lebih siap bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pasalnya, ada beberapa jenis pekerjaan yang mulai ditinggalkan, namun ada pula pekerjaan yang banyak dicari di masa depan.

Bahkan dalam sebuah survei yang diselenggarakan WEF (World Economic Forum) tahun 2020, menunjukkan adanya perubahan tren pekerjaan atau profesi di tahun 2025. Kondisi ini rupanya dipengaruhi oleh adanya pandemi Covid-19 yang berimbas pada banyak aspek kehidupan di dunia.

8 Pekerjaan Paling Menjanjikan untuk Masa Depan

Kondisi pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020 telah mengubah sistem kerja di banyak perusahaan. Di antaranya adalah penerapan sistem work from home (WFH) atau remote work yang menuntut perusahaan untuk mempercepat proses digitalisasi.

Dengan adanya tren digitalisasi yang semakin maju dan berkembang, hal itu rupanya juga berimbas pada tren perubahan profesi. Untuk saat ini ada banyak kompetensi yang dianggap semakin penting untuk mendukung kegiatan bisnis.

Lantas, apa saja jenis pekerjaan yang banyak dicari di masa depan?

1.   Praktisi Medis

Profesi dalam bidang kesehatan memang akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya jumlah populasi manusia yang akan diikuti dengan meningkatnya kebutuhan tenaga medis pada setiap tahunnya.

2.   Spesialis SEO

Saat ini hampir semua aspek kehidupan tidak lepas dari teknologi dan internet. Bahkan, banyak perusahaan yang melakukan bisnisnya secara online dengan strategi marketing yang paling efektif. Salah satunya dengan mengandalkan jasa spesialis SEO untuk keperluan tersebut.

3.   Digital Marketer

Tidak dipungkiri bahwa peran teknologi dan internet saat ini memang sangat besar, terutama dalam berbagai bidang usaha. Jika hanya mengandalkan bisnis secara konvensional maka jelas akan tertinggal dari bisnis lainnya yang sudah memanfaatkan teknologi internet.

Salah satu profesi yang kemudian banyak dicari adalah digital marketer yang memiliki tugas untuk merancang promosi dan membangun brand awareness secara efektif. Adapun media yang digunakan adalah platform digital seperti marketplace, media sosial, website, dan lainnya.

4.   Pengembang Aplikasi

Jenis pekerjaan yang banyak dicari di masa depan lainnya adalah pengembang aplikasi. Hal ini sangat wajar karena banyak perusahaan berlomba-lomba menyediakan aplikasi digital demi memudahkan pelanggan untuk mengakses bisnis dan produk yang ditawarkan.

5.   Software Developer dan Engineer

Profesi yang banyak dicari di masa depan ini memiliki tugas yang sangat penting karena berhubungan dengan optimasi sistem komputer di perusahaan. Pengembang software harus detail oriented karena lingkup kerjanya berhubungan dengan bahasa pemrograman yang rumit.

6.   Data Analyst

Jenis pekerjaan yang laku di masa depan lainnya adalah data analyst. Tugasnya adalah mengolah data dan membuat laporan yang mudah dipahami oleh bagian manajemen perusahaan.

Laporannya sendiri bisa sangat lengkap meliputi data mengenai produk, logistik, strategi marketing, riset market, dan lain sebagainya. Pihak manajemen sangat membutuhkan data tersebut untuk merancang kebijakan perusahaan dalam rangka pengembangan bisnis.

7.   Akuntan

Profesi akuntan sepertinya memang akan terus dibutuhkan sampai kapanpun karena memiliki tugas yang cukup penting bagi perusahaan. Tugasnya yaitu menganalisis dan mengelola keuangan perusahaan hingga membuat laporan wajib pajak bagi perusahaan.

8.   Konstruksi dan Teknik

Jenis profesi lainnya yang juga banyak dibutuhkan di masa depan adalah yang berhubungan dengan bidang konstruksi dan teknik. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan akan pembangunan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk memenuhi kebutuhan akan profesi yang telah disebutkan di atas, tentu diperlukan latar belakang pendidikan yang sesuai dan kompeten. Dari 8 jenis pekerjaan yang banyak dicari di masa depan tersebut, manakah yang sesuai dengan skill dan pendidikan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.