9 Kecerdasan Majemuk

Pengertian Kecerdasan Majemuk

Kecerdasan Majemuk menurut Howard Gardner adalah salah satu teori belajar yang diperkenalkan pada tahun 1983 dengan tujuan membantu para pendidik dalam mengembangkan kemampuan sesuai bakat yang dimiliki oleh para siswa.

Jenis Kecerdasan Majemuk

Berdasarkan jenisnya terdiri atas 9 kecerdasan majemuk, berikut ini penjelasannya!

1. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Naturalis adalah salah satu kecerdasan dimana seseorang tertarik dengan alam, baik itu flora maupun fauna. Mereka yang memiliki kecerdasan ini umumnya menyukai aktivitas di alam bebas, seperti outbond, dll.

2. Kecerdasan Verbal-Linguistik

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini umumnya memiliki kelebihan dalam hal berbahasa, baik itu kemampuan berbicara, menulis, maupun memahami informasi dalam bentuk tulisan ataupun verbal. Cara meningkatkan kecerdasan Verbal-Linguistik adalah dengan membiasakan diri membaca buku ataupun menulis cerita, dll.

3. Kecerdasan Spasial-Visual

Seseorang dengan kecerdasan Spasial-Visual umumnya memiliki ketertarikan pada bidang seni, desain, dan tekstur. Apabila kecerdasan ini dimaksimalkan mereka memiliki potensi untuk menjadi ahli dibidang kreatif, mulai dari desainer grafis, arsitek, animator, dll.

4. Kecerdasan Logis-Matematis

Ciri khas seseorang dengan kecerdasan Logis-Matematis biasanya memiliki kemampuan berhitung dan berpikir logis diatas rata-rata. Merea pada umumnya tertarik pada bidang sains dan matematika. Untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan Logis-Matematis dapat dilakukan dengan cara rajin mengerjakan soal hitungan ataupun melakukan percobaan sains sederhana.

5. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal adalah salah satu kecerdasan dimana seseorang dapat memahami karakter dan prilaku seseorang. Seseorang dengan kecerdasan ini umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain. Apabila kecerdasan ini dimaksimalkan, mereka dapat berpotensi bekerja dibidang psikolog, public relation, atau bahkan menjadi seorang motivator.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Berbeda dengan Interpersonal, kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengenali dirinya sendiri. Mereka dapat memahami apa kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Apabila kecerdasan ini dimaksimalkan mereka dapat berpotensi menjabat profesi penulis, ilmuwan, filsuf, dll.

7. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan Eksistensial adalah salah satu kecerdasan yang membuat seseorang sering berpikir tentang eksistensi atau keberadaan dirinya dan konsep kehidupan yang kompleks. Kecerdasan Eksistensial sering disamakan dengan kecerdasan spiritual.

8. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Seseorang yang memiliki Kecerdasan Kinestetik-Jasmani umumnya memiliki kelebihan dalam bidang olahraga. Apabila kecerdasan ini dimaksimalkan, mereka dapat berpotensi menjadi seorang atlet atau profesi olahraga lainnya.

9. Kecerdasan Musikal

Ciri khas seseorang yang memiliki Kecerdasan Musikal umumnya memiliki ketertarikan dibidang musik. Mereka pada umumnya memiliki kemampuan dalam mengenali nada, irama,dan menciptakan aransemen sederhana. Cara meningkatkan kecerdasan Musikal adalah dengan cara rajin memainkan alat musik yang disukai ataupun dapat mengikut les musik.

Itulah penjelasan beberapa jenis kecerdasan majemuk pada seseorang, semoga info diatas bermanfaat ya.

Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.