Kimia Adalah

Pengertian Kimia

Kimia adalah salah satu ilmu yang mempelajari materi yang ada didunia, baik itu struktur, sifat, reaksinya serta jenis energi yang menyertai perubahan tersebut. Kimia dalam kehidupan memiliki peran yang cukup penting, tidak heran saat ini pelajaran kimia cukup diminati oleh para pelajar. Konsep yang akan dipelajari di dalam ilmu kimia adalah hukum kekekalan massa yang menyatakan bahwa tidak ada perubahan jumlah zat yang terukur pada saat reaksi Kimia biasa.

 

Cabang Ilmu Kimia

Berikut ini yang termasuk cabang ilmu kimia adalah terbagi kedalam 5 cabang ilmu. Inilah beberapa bidang ilmu kimianya.

1. Kimia Organik

Kimia Organik adalah salah satu ilmu tentang struktur, komposisi, reaksi, serta persiapan senyawa organik. Merupakan cabang ilmu Kimia yang mempelajari senyawa organik berbasis karbon yang dikombinasikan dengan hidrogen serta elemen lainnya. Kimia organik memiliki peran penting dalam perkembangan farmasi, pengolahan minyak bumi serta batu bara, industri organik, dan bioteknologi.

2. Kimia Anorganik

Kimia Anorganik adalah studi tentang senyawa berbasis non-karbon, sintesis, reaksi, struktur, dan sifat senyawa Anorganik. Senyawa Anorganik biasanya ditemukan pada benda mati, contohnya logam, mineral, dan organologam.

3. Biokimia

Biokimia adalah cabang ilmu gabungan dari Biologi dan Kimia yang mempelajari proses kimia pada tingkat molekul dan berhubungan dengan organisme hidup. Salah satunya mempelajari apa yang terjadi dalam sel makhluk hidup serta bagaimana tubuh makhluk hidup bereaksi dengan menganalisa enzim, hormon, protein, materi genetik, lemak dan makromolekul. Biokimia berperan dalam perkembangan ilmu bioteknologi, mikrobiologi, kedokteran, genetika, forensik, obat-obatan, serta ilmu obat-obatan.

4. Kimia Analitik

Kimia Analitik adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengembangkan metode, dan strategi dengan tujuan mendapatkan informasi mengenai komposisi dan kondisi material dalam suatu ruang dan waktu tertentu. Kimia Analitik memiliki peran penting dalam diagnosa penyakit, forensik, keamanan obat-obatan, dan penjaminan mutu makanan.

5. Kimia Fisik

Kimia Fisik adalah salah satu cabang ilmu kimia yang dasar studinya menggunakan ilmu fisika. Kimia Fisik mempelajari ilmu tentang prinsip-prinsip Fisika dasar yang mengatur bagaimana cara dan prilaku atom, molekul, dan sistem kimia lainnya.

Itulah beberapa penjelasan tentang kimia dan cabang ilmunya, semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.