Bagi kamu yang pernah mempelajari ilmu Biologi tentunya tidak asing mendengar kata simbiosis. Simbiosis adalah hubungan kerjasama antar makhluk hidup yang hidup saling berdampingan. Berdasarkan jenisnya Simbiosis terbagi kedalam 3 bagian, yaitu Simbiosis Mutualisme, Simbiosisme Komensalisme, dan Simbiosis Parasitisme. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu Komensalisme, berikut ini penjelasannya.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme adalah kerjasama ataupun hubungan antara dua makhluk hidup, dimana yang satu mendapat keuntungan sedangkan yang satu lagi tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan.  

Contoh Simbiosis Komensalisme

Ada banyak contoh Simbiosis Komensalisme dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang masih bingung, Berikut ini 3 contoh simbiosis komensalisme!

1. Simbiosis Antara Ikan Hiu dan Ikan Remora

Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme contohnya Hubungan interaksi antara Ikan Hiu dan Ikan Remore. Ikan Remora kecil berenang berdekatan dengan Ikan Hiu dengan tujuan agar mendapatkan perlindungan dan sisa-sisa makanan dari ikan Hiu. Dalam interaksi tersebut Ikan Remore mendapatkan keuntungan, sedangkan Ikan Hiu tidak mendapatkan keuntungan dan tidak juga dirugikan.

2. Simbiosis Antara Ikan Nemo dan Anemon Laut

Contoh hewan Simbiosis Komensalisme yang lain adalah Hubungan interaksi antara Ikan Nemo dan Anemo Laut. Ikan Nemo menjadikan Anemon laut sebagai sebagai tempat tinggal ataupun tempat berlindung dari ikan-ikan lainnya. Dalam hubungan tersebut Ikan Nemo mendapatkan keuntungan, sedangkan Anemon Laut tidak mendapatkan keuntungan dan tidak juga dirugikan.

3. Simbiosis Antara Bunga Anggrek dan Pohon Tinggi

Contoh lainnya adalah hubungan antara Bunga Anggrek dan Pohon Tinggi. Dalam hubungan interaksi tersebut, Bunga Anggrek menempel pada Pohon Tinggi sebagai inangnya dengan tujuan untuk mendapatkan makanan serta sinar matahari agar dapat berfotosintesis dengan baik. Dalam hal ini Bunga Anggrek mendapatkan keuntungan, sedangkan Pohon tinggi tidak mendapatkan keuntungan dan tidak juga dirugikan.

Itulah penjelasan tentang simbiosis komensalisme dan beberapa contohnya.

Itulah penjelasan tentang simbiosis dan beberapa contohnya. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.