Simbiosis Mutualisme

Bagi kamu yang saat ini sedang mempelajari pelajaran IPA tentunya pasti pernah belajar tentang simbiosis. Simbiosis adalah interaksi antarorganisme yang hidup saling berdampingan, dan masing-masing memiliki peran antar satu sama lain. Berdasarkan jenisnya Simbiosis terbagi kedalam 3 jenis, yaitu Simbiosis Mutualisme, Simbiosisme Komensalisme, Simbiosis Parasitisme. Ketiganya memiliki peran yang berbeda-beda. Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu Simbiosis Mutualisme, Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah kerjasama ataupun hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Dimana Interaksi antara kedua atau lebih makhluk hidup terjalin dengan baik dan tidak ada yang dirugikan.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Bagi kamu yang masih bingung dengan contoh Simbiosis Mutualisme, Berikut ini beberapa contohnya!

1. Simbiosis Antara Lebah dan Tanaman Bunga

Simbiosis Mutualisme
Chrysanthemum

Simbiosis mutualisme contoh hubungan interaksinya adalah antara lebah dan tanaman bunga. Lebah membutuhkan nektar pada bunga sebagai sumber makanan. Sedangkan Bunga terbantu oleh Lebah yang membantu proses penyerbukan. Sehingga terjalinlah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara Lebah dan Bunga.

2. Simbiosis Antara Kerbau dan Burung Jalak

Kerjasama antara Kerbau dan Burung Jalak juga termasuk salah satu contoh Simbiosis Mutualisme di sawah. Dimana didalam hubungan interaksi tersebut Burung Jalak mengambil makanan berupa kutu dari tubuh seekor kerbau. Disatu sisi Kerbau tersebut juga mendapatkan keuntungan, yaitu tubuhnya menjadi lebih nyaman dikarenakan kutu-kutu tersebut telah dimakan oleh Burung Jalak tadi.

3. Simbiosis Antara Cacing Tanah dan Tumbuhan

Contoh hewan simbiosis mutualisme lainnya adalah kerjasama antara Cacing tanah dan Tumbuhan. Dalam hubungan interaksi tersebut, tumbuhan mendapatkan keuntungan lebih mudah menyerap air dan udara dari tanah yang berlubang akibat proses aktivitas cacing didalam tanah. Disatu sisi cacing tanah juga mendapatkan makanan dari daun  kering yang jatuh ketanah dan mengalami pembusukan.

Itulah penjelasan tentang simbiosis dan beberapa contohnya. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.