Apa Itu SNMPTN

Bagi kamu yang sebentar lagi akan tamat sekolah menengah atas dan berencana melanjutkan studi kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri, tentunya akan mulai mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN ataupun SBMPTN. Bagi kamu yang saat ini masih bingung apa itu SNMPTN dan SBMPTN, berikut ini pengertian dan perbedaan dari SNMPTN dan SBMPTN!

Apa Itu SNMPTN?

Banyak yang bertanya apakah SNMPTN itu beasiswa? jawabannya adalah tidak. SNMPTN atau singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa yang sistem seleksinya dihitung berdasarkan nilai akademik dan prestasi dari kandidat mahasiswa.

Pengertian SBMPTN

SBMPTN atau singkatan dari Sementara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa yang sistme seleksinya dihitung berdasarkan nilai dari hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan juga kriteria lain yang disetujui oleh PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Bagi kamu yang masih bingung perbedaan SBMPTN, dan SNMPTN, berikut ini penjelasannya!

1. Sistem Seleksi

Apakah SNMPTN ada tes? ada, namun penilaiannya bukan dalam bentuk tes ujian. Sistem seleksi pada SNMPTN biasanya dilakukan dengan melihat nilai rapor dan juga prestasi non-akademik kandidat selama sekolah. Proses ini biasanya dilakukan oleh guru bimbingan konseling. Apabila kandidat belum lulus SNMPTN maka kandidat dapat mengikuti Tes SBMPTN. Dimana pada Tes SBMPTN ini kandidat akan menguji 2 tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPA).

 

2. Kriteria Peserta

Jalur SNMPTN merupakan salah satu jalur yang didapatkan melalui undangan. Jalur ini diberikan kepada mereka yang akan lulus di tahun yang sama dengan waktu pelaksanaan SNMPTN. Sedangkan untuk jalur SBMPTN bisa diikuti oleh siapa saja, tidak harus pada tahun kelulusan.

3. Syarat Kelulusan

Syarat masuk SNMPTN biasanya ditentukan oleh nilai rapor dan akreditasi sekolah. Memiliki prestasi non-akademik juga dapat menjadi nilai tambah. Disisi lain untuk jalur SBMPTN syarat kelulusan ditentukan oleh nilai hasil tes.

4. Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan Tes SNMPTN dan SBMPTN memiliki jadwal yang berbeda. Umumnya SNMPTN dilaksanakan lebih awal, yaitu sekitar bulan Januari-Februari. Sedangkan SBMPTN biasanya dilaksanakan sekitar bulan Mei-Juni.

5. Biaya Pendaftaran

Apakah SNMPTN itu bayar? biaya pendaftaran untuk mengikuti SNMPTN umumnya gratis. Seleksi ini biasanya lebih banyak diurus oleh pihak sekolah, kandidat hanya perlu melengkapi berkas untuk syarat administrasi. Sementara itu untuk mengikuti SBMPTN peserta diwajibkan membayar Rp 200.000 untuk masing-masing bidang Saintek dan Soshum. Sementara peserta yang mengikuti ujian bidang campuran diharuskan membayar Rp 300.000.

Itulah beberapa perbedaan SNMPTN dan SBMPTN beserta pengertiannya. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.