POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
apa itu stunting

Contents

Hai Jawara POSI!

Pastinya kamu udah sering kan dengar istilah stunting, namun belum memahami sepenuhnya apa itu stunting. Nah, kali ini POSI mau mengajak kamu untuk memahami tentang stunting lebih dalam lagi.

Stunting menjadi suatu isu kesehatan yang krusial di Indonesia. Apa itu stunting? Stunting adalah ketidakoptimalan pertumbuhan fisik dan perkembangan otak pada anak akibat kekurangan gizi, khususnya selama 1.000 hari pertama kehidupan, mulai dari masa kehamilan hingga usia dua tahun. Untuk memahami lebih lanjut, mari kita bahas ciri-ciri stunting dan langkah-langkah pencegahannya!

Apa Itu Stunting?

Stunting bisa diibaratkan sebagai masalah ketika anak-anak tidak tumbuh sebagaimana mestinya karena kurangnya makanan yang bergizi. Seorang anak dikatakan mengalami stunting jika pertumbuhannya terhambat, dan ini bisa berpengaruh pada tinggi badan, berat badan, serta perkembangan otaknya. Penting untuk dicatat bahwa stunting tidak hanya dialami oleh anak-anak yang tampak kurus, tetapi juga oleh anak-anak yang tampak gemuk.

Lalu apa saja ciri-ciri dari anak yang terkena stunting?

Ciri-ciri Stunting:

Pada bagian ini POSI akan menjelaskan ciri-ciri anak yang terkena problem stunting, yuk mari kita simak bersama!

Tinggi Badan Pendek

Stunting membuat anak memiliki tinggi badan di bawah rata-rata usianya. Jadi, jika kamu melihat teman sekelas yang lebih pendek dari kebanyakan anak seusianya, bisa jadi dia mengalami stunting. Hanya saja, hal ini nggak bisa menggeneralisasi ya! Bisa aja karena emang anaknya punya gen tinggi badan yang di bawah rata-rata.

Berat Badan Kurang Optimal

Selain tinggi badan yang pendek, anak yang mengalami stunting cenderung memiliki berat badan yang kurang sesuai dengan usianya. Artinya, tubuh mereka tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Perkembangan Otak Terhambat

Stunting tidak hanya memengaruhi tinggi badan, tetapi juga otak anak. Anak yang mengalami stunting mungkin lebih lambat dalam belajar dan memahami pelajaran di sekolah.

Kurang Energi dan Stamina

Anak yang stunting seringkali terlihat kurang bersemangat dan cepat lelah. Mereka mungkin tidak bisa bermain atau belajar sebanyak teman-teman mereka.

Rentan Terhadap Penyakit:

Anak yang mengalami stunting punya daya tahan tubuh yang lemah, sehingga mereka lebih mudah sakit. Mereka bisa lebih sering terkena penyakit dan infeksi.

Cara Mencegah Stunting:

Sekarang mari kita bahas cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting pada anak. Apa saja kira-kira?

Makanan Sehat

Pastikan kamu dan teman-temanmu mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi, terutama selama 1.000 hari pertama kehidupan. Makanan sehat seperti sayuran, buah, dan sumber protein seperti daging dan ikan sangat penting.

Perhatikan Kesehatan Anak

Yuk, rajin-rajinlah memeriksakan kesehatanmu dan teman-temanmu. Pemeriksaan rutin ini penting agar kita bisa tahu apakah pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita berjalan dengan baik.

Ajak Masyarakat Terlibat

Kita semua bisa berperan dalam mencegah stunting. Mari bersama-sama meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya makanan seimbang. Kampanye di sekolah atau desa bisa menjadi langkah awal.

Pastikan Air Bersih dan Sanitasi Baik

Selain makanan, kita juga perlu akses yang baik terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang bersih. Ini bisa membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan kita.

Pendidikan Gizi untuk Orang Tua

Orang tua memiliki peran besar dalam pencegahan stunting. Oleh karena itu, perlu diberikan edukasi tentang cara memberikan makanan sehat kepada anak-anak. Program edukasi ini bisa diadakan di tingkat komunitas.

Pentingnya Bekerja Sama:

Mencegah stunting bukan hanya tanggung jawab satu orang atau keluarga, tapi kita semua. Kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga kesehatan sangat penting agar langkah-langkah pencegahan stunting dapat berjalan lebih efektif.

Dengan pemahaman tentang apa itu stunting, ciri-cirinya, dan cara mencegahnya, kita semua dapat berkontribusi untuk menciptakan masa depan yang lebih sehat dan cerah. Jangan biarkan stunting menghambat potensi kita untuk tumbuh menjadi individu yang kuat, cerdas, dan berprestasi. Mari jaga kesehatan kita bersama-sama!

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI. Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.