POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Halo JawaraPOSI di mana pun kalian berada! Cabang olahraga alias cabor apa yang kalian tahu dan sering lihat di gelaran olahraga internasional Olimpiade selain tenis, badminton, renang, voli, dan lain-lain? Pasti nggak nyangka kalau beberapa cabor ini pernah dilombakan di Olimpiade! Yuk, kita simak dulu yang satu ini!

Contents

Sepeda Tandem

from wikipedia

Cabang olahraga sepeda tandem bersadel dua pertama debut di tahun 1906 dan diadakan kembali pada tahun 1972. Sepeda tandem dimainkan oleh tim berisi dua orang di lintasan 2.000 meter. Vladimir Semenets dan Igor Tselovalnikov berhasil memenangkan medali emas pada cabor ini di tahun 1972 sebelum akhirnya dihilangkan sepenuhnya dari pagelaran olimpiade.

Tarik Tambang

Photo by Anna Samoylova on Unsplash

Siapa sangka tarik tambang pernah jadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade? Negara Inggris sudah memenangkan banyak medali dari cabor unik satu ini sejak Olimpiade 1908 dan belum ada yang berhasil mengalahkan rekor mereka. Tarik tambang atau tug of war ini dimainkan oleh lebih dari lima orang dengan cara menarik lawan hingga melewati garis. Pada tahun 1900, cabor ini sempat diwarnai pertikaian antara tim Amerika Serikat dengan tim Inggris. Pasalnya, tim Amerika Serikat melaporkan tim Inggris terhadap kecurangan pada sepatu yang dipakai tim itu yang mengakibatkan tim AS keluar dari kompetisi.

Tembak Merpati

Photo by Salman Saqib on Unsplash

Perlombaan tembak merpati adalah cabang olahraga terunik ketiga. Konsepnya adalah menembak sebanyak mungkin burung merpati yang dilepaskan oleh penyelenggara. Perlombaan ini pertama dan terakhir kalinya muncul di Olimpiade 1900 di Paris. Sebanyak 300 burung mati dalam acara ini. Waduh!

Menyelam

from wikimedia commons

Menyelam yang dimaksud sebenarnya adalah bertahan di dalam air tanpa bergerak selama setidaknya satu menit. Cabang olahraga ini hanya diadakan pada Olimpiade Musim Panas tahun 1904 di St. Louis dan terdiri dari perenang yang menyelam ke dalam kolam dan harus tetap diam di dalam air selama satu menit tanpa naik ke permukaan selama beberapa menit. Perlombaan ini dianggap sebagai salah satu yang paling membosankan dalam sejarah Olimpiade karena hening banget!

Renang Rintangan

Photo by Brian Matangelo on Unsplash

Kalau kamu suka nonton acara olahraga menantang, nah, ini adalah salah satunya. Cabang olahraga ini diselenggarakan tahun 1900 di Olimpiade Paris di sungai Seine. Pesertanya diharuskan untuk memanjat tiang, menyelam, dan berenang melewati rintangan yang sudah disediakan sejauh 200 meter. Mirip-mirip acara TV yang sering kamu tonton itu, bukan?

Race walking

from wikipedia

Race walking adalah cabang olahraga terunik yang diselenggarakan pada Olimpiade musim panas tahun 1904 di St. Louis. Berbeda dari cabor lari, peserta race walking harus melakukan gerakan yang konsisten seperti menjaga kontak dengan tanah dan kaki yang dijaga agar tetap lurus. Cukup aneh, ya.

Panjat Tali

Photo by ELIAS VICARIO on Unsplash

Pertama kali debut di Olimpiade musim panas 1896 di Athens, Yunani, peserta harus memanjat tali tambang sepanjang 14 meter. Pemenang ditentukan oleh juri dari teknik memanjat dan waktu memanjat. Nikolaos Andriakopoulos membawa medali emas untuk pertama kalinya pada event ini. Panjat tali terakhir kali dilombakan di tahun 1932 pada Olimpiade musim panas Los Angeles.

Nah, itu dia teman-teman cabang-cabang olahraga terunik yang pernah diperlombakan di Olimpiade. Meskipun dinilai cukup menghibur karena keunikannya, beberapa perlombaan ini cuma hadir sekali saja seumur hidup. Kalau kamu cari olimpiade dengan cabang olahraga asah otak, pas banget untuk datang ke POSI karena kami selalu menyediakan kompetisi-kompetisi asah otak online dan offline dengan soal-soal terbaik dan selalu update! Yuk, berlangganan info kami dengan cara mengisi pop-up yang muncul pada posi.id dan sign up juga di Member POSI untuk info-info lomba selanjutnya!

Cek artikel kami yang lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.