Cara mendapatkan beasiswa gratis

Bisa menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi sepertinya adalah impian hampir setiap orang. Apalagi jika selama kuliah tidak perlu membayar dan justru diberikan ‘uang saku’. Beasiswa memang merupakan salah satu cara kuliah gratis untuk yang kurang mampu. Lantas, bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di Indonesia? Caranya bisa dibilang tidak sangat susah tapi juga tidak mudah. Disebut demikian karena syarat untuk mendapatkan beasiswa itu tidak mudah. Bahkan setelah berhasil mendapatkannya, penerima beasiswa masih harus mengikuti sejumlah aturan yang sudah ditetapkan seperti harus lulus tepat waktu, berprestasi selama kuliah, dsb. Terdapat beberapa program beasiswa yang bisa kamu ikuti mulai dari beasiswa Unggulan, beasiswa Sampoerna Foundation, Program beasiswa Djarum Plus, beasiswa BCA, beasiswa KIP kuliah, beasiswa LPDP, dll. 

 

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Selain bisa mendapatkan gelar dan ilmu, kuliah S1 juga bisa membantu Anda memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan dengan gaji yang lebih baik pula. Selama kuliah, Anda juga bisa mendapat banyak pengalaman non akademis serta memperluas jaringan.

Terutama jika bisa melanjutkan pendidikan di universitas ternama, pastinya akan menjadi kebanggaan tersendiri, bukan?  Namun sayangnya, impian ini membutuhkan biaya yang mahal tidak hanya untuk pendidikan tapi juga untuk biaya hidup dan akomodasi.

Tapi jangan patah semangat dulu, bagi Anda yang saat ini ingin melanjutkan pendidikan S1 tapi terkendala biaya, inilah cara mendapatkan beasiswa agar bisa kuliah gratis:

 

 

1.     Buat diri Anda Menonjol dari Orang Lain

Cara mendapatkan beasiswa kuliah yang pertama adalah buat prestasi sebanyak yang Anda bisa.  Terutama jika Anda sudah berangan-angan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi saat masih duduk di bangkus SMA, tapi di saat yang sama kondisi ekonomi keluarga kurang mendukung. Prestasi yang dimaksud di sini tidak hanya akademis, tapi juga non akademis. Jika Anda kurang mahir dalam bidang akademis tapi sangat menyukai dan berbakat dalam bidang olahraga atau seni misal, maka asah terus kemampuan Anda agar nantinya bisa mengikuti berbagai lomba dan menjadi juara. Berbagai gelar juara yang Anda peroleh selama di SMA ini akan membuat Anda tampak menonjol di antara pendaftar beasiswa lain, dan akan sangat membantu untuk memperoleh beasiswa. Tak hanya itu, sejak SMA Anda juga harus rajin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan berkelakukan baik serta disiplin. Sebab, semua ini nantinya akan dinilai saat Anda mendaftar beasiswa dan menjadi bahan pertimbangan apakah Anda layak untuk mendapat beasiswa atau tidak.

 

2.     Pilih Kampus yang Ingin Dimasuki

Cara mendapatkan beasiswa kuliah selanjutnya adalah mulai memikirkan sejak awal jurusan apa yang ingin Anda ambil saat kuliah nanti, yang paling sesuai dengan minat dan bakat, atau yang paling Anda kuasai.Pertimbangkan juga bahwa jurusan tersebut memiliki peluang kerja yang bagus di masa depan. Kemudian cari tahu kampus mana saja yang memiliki jurusan tersebut dan kira-kira jaraknya paling terjangkau dari tempat tinggal Anda saat ini.

 

3.     Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Agar peluang untuk mendapatkan beasiswa lebih besar, mulailah mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan lebih awal. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengumpulkan informasi, semakin banyak pilihan beasiswa yang Anda miliki. Anda akan membutuhkan waktu untuk mencari berbagai jenis program beasiswa di kampus yang dituju, mencari tahu syarat dan ketentuan beasiswa, prosedur pendaftaran, dan semua hal lain yang berkaitan dengannya. Ada banyak sumber yang bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi sejenis ini, mulai dari bertanya kepada orang sekitar yang sudah berpengalaman hingga mencarinya di internet.

 

4.     Cek Apakah Anda Memenuhi Syarat Beasiswa

Elemen penting lain yang perlu Anda pertimbangkan sejak awal saat mencari berbagai program beasiswa di kampus yang bersangkutan adalah rincian syarat dan ketentuan dari beasiswa tersebut. Melakukan riset yang cermat dan dari jauh-jauh hari akan sangat membantu dalam menemukan program beasiswa yang paling sesuai untuk Anda, dan kemudian Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan semua persyaratannya.

 

5.     Selalu Update Informasi

Sebelum benar-benar memasukkan berkas pendaftaran, Anda harus memastikan sekali lagi bahwa semua syarat, ketentuan, dan hal lain yang dimiliki terkait program beasiswa yang dimaksud adalah informasi paling baru. Meski terkesan tidak penting, tapi hal ini perlu dilakukan untuk menghindari miss informasi yang nantinya mungkin bisa berpengaruh terhadap hasil penerimaan.

 

6.     Tambah Nilai Plus Anda dengan Menguasai Bahasa Inggris

Salah satu cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri adalah menguasai bahasa Inggris, dengan skor TOEFL 500-550. Tapi jangan salah, pandai bahasa Inggris juga akan sangat membantu untuk mendapat beasiswa di dalam negeri lho, meskipun bahasa sehari-hari yang digunakan masih bahasa Indonesia. Memiliki skor TOEFL 450-500 akan membuat Anda memiliki nilai lebih dibanding pendaftar-pendaftar lain serta berpeluang lebih tinggi untuk lolos seleksi.

 

7.     Teliti

Sebelum memasukkan berkas, pastikan tidak ada syarat yang tertinggal. Anda juga perlu membuat CV dan portofolio yang kreatif agar bisa memberikan kesan istimewa bagi pihak penyeleksi beasiswa. Karena itu, luangkan waktu untuk mempersiapkan semuanya dengan baik dan pastikan juga untuk tidak salah memasukkan detail kontak atau informasi pribadi lain serta tidak salah mengeja. Hal semacam ini akan membuat kesan yang tidak profesional.

Hampir semua universitas ternama di negeri ini menyediakan program beasiswa bagi para calon mahasiswanya. Jadi, sekarang Anda tidak perlu berkecil hati untuk melanjutkan pendidikan dan yang perlu Anda lakukan adalah mulai praktekkan tujuh cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di atas.

Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu juga bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI .

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.