Cara menghadapi olimpiade akademik

Hampir setiap murid berprestasi sepertinya ingin mengikuti olimpiade akademik untuk mengasah kemampuan serta meningkatkan ilmu. Jika Anda termasuk salah satunya, maka Anda wajib tahu bagaimana cara menghadapi olimpiade akademik yang benar.

Salah satu olimpiade akademik paling bergengsi di tanah air adalah OSN (Olimpiade Sains Nasional), yang diadakan secara rutin setiap tahun sejak tahun 2002 oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Peserta yang nantinya menjadi juara OSN akan diikutkan dalam olimpiade tingkat Internasional.

Cara Belajar Anak Olimpiade

Agar bisa mengerjakan soal-soal olimpiade dengan maksimal, disarankan bagi setiap peserta untuk melakukan persiapan yang matang dan merencanakan cara belajar yang paling efektif sesuai dengan preferensi masing-masing. Inilah sejumlah persiapan penting yang menjadi rahasia juara lomba OSN:

1. Pilih Bidang Kompetisi

Pilih bidang kompetisi

Olimpiade Sains Nasional memiliki beberapa sub bidang yang bisa dipilih sesuai dengan minat atau yang paling dikuasai, yaitu bidang Kimia, Fisika, Matematika, Filosofi, Biologi, Komputer/TI/Informatika, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Sangat disarankan untuk tidak memilih bidang hanya karena gengsi. Misalnya memilih bidang Matematika yang terkenal sulit karena ingin dianggap pintar padahal lebih menguasai bidang Ekonomi.

Olimpiade ini tidak memiliki aturan untuk memilih bidang hanya sesuai dengan jurusan peserta. Jadi, jika Anda berasal dari kelas IPS misal, maka tidak masalah untuk memilih bidang berbau IPA seperti Biologi atau yang lainnya.

 

2. Kumpulkan Semua Sumber Daya yang Dibutuhkan

kumpulkan sumberdaya yang dibutuhkan

Sebagai peserta olimpiade, Anda harus memiliki gambaran yang tepat mengenai jenis soal dan tren soal yang akan diajukan dalam ujian olimpiade. Jadi, salah satu cara menghadapi olimpiade yang baik adalah mendapatkan bahan pelajaran yang sesuai untuk dipelajari, baik dari sumber offline atau online.

 

3. Konsultasi dengan Guru Pembimbing

konsultasi dengan guru pembimbing

Guru yang dipilih sebagai pembimbing dalam mempersiapkan olimpiade pastinya bukan sembarang orang, melainkan guru yang benar-benar kompeten di bidangnya dan siap membantu peserta kapan saja dibutuhkan.

Jadi, jika Anda mengalami kesulitan apapun termasuk dalam mencari sumber daya atau mengerjakan soal latihan, jangan pernah merasa sungkan atau tidak enak untuk bertanya. Justru semakin sering Anda berkonsultasi, akan semakin matang persiapan Anda.

 

4. Atur Waktu dengan Baik

Cara menghadapi olimpiade akademik

Olimpiade akademik bukanlah perlombaan biasa yang bisa diremehkan. Peserta olimpiade ini berjumlah ratusan dan semuanya adalah murid-murid yang pintar, jadi jangan pernah menganggap enteng saingan Anda seperti dalam lingkup kelas atau sekolah.

Anda mungkin saja selalu menjadi juara 1 di sekolah, tapi bisa saja berada di urutan paling bawah saat bersaing dengan ratusan murid berprestasi lain dari berbagai seluruh sekolah di Indonesia. Karena itu, Anda harus fokus pada persiapan sebelum olimpiade terutama dalam hal belajar.

Anda harus mulai membuat jadwal belajar baru dan mengurangi semua kegiatan yang kurang dibutuhkan, seperti main game sampai tengah malam, nongkrong dengan teman hampir setiap hari, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menguras energi, dan hal-hal lain yang sejenis.

 

5. Ingat Esensinya, Bukan Seluruh Materinya

Cara menghadapi olimpiade akademik

Cara paling baik dalam belajar adalah mengingat esensi atau inti dari materi yang dipelajari, bukan menghafal seluruh tulisan atau penjelasan dalam materi tersebut.

Jadi, jika selama ini Anda adalah tipe orang yang belajar dengan mengingat hampir seluruh halaman buku, maka ubah kebiasan ini segera. Pasalnya, kebiasaan ini termasuk sangat tidak efektif dalam persiapan olimpiade.

6. Perbanyak Latihan

Perbanyak latihan

Cara menghadapi olimpiade akademik yang paling baik adalah dengan praktek langsung. Semakin banyak Anda berlatih mengerjakan soal, semakin banyak pula pengalaman yang diperoleh dalam mencari rumus atau jawaban yang tepat dari soal-soal tersebut.

Rajin praktek juga akan membuat Anda terbiasa dengan tekanan dan waktu yang terbatas serta sangat membantu bagi otak, untuk menganalisis soal dan menemukan cara terbaik dalam menyelesaikannya.

 

7. Jaga Fisik

Jaga fisik

Belajar teratur dengan cara paling efektif dan memperbanyak latihan memang sangat penting, tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan fisik. Anda harus mengatur jam istirahat, makan dengan teratur serta bergizi, dan jika perlu lakukan olahraga ringan secara teratur agar kondisi fisik benar-benar baik.

8.     Review dan Revisi

cara menghadapi olimpiade akademik

Review dan revisi adalah salah satu bagian penting dari setiap strategi persiapan ujian. Setelah melakukan tujuh hal di atas, coba review kembali cara belajar Anda dan jika ada hal yang memang kurang efektif, maka lakukan perubahan/revisi.

 

9. Tetap Termotivasi

Tetap termotivasi

Percaya diri secara mental adalah kunci untuk tampil baik dalam melakukan berbagai hal termasuk mengikuti olimpiade akademik. Karena itu, Anda harus membangun sikap optimis sejak sekarang, jangan overthinking, dan berusahalah untuk tetap santai namun serius.

 

10. Jangan Panik

Jangan panik

Saat menemukan soal yang dirasa sulit, cobalah untuk tidak panik, karena panic hanya akan memecah konsentrasi dan membuat semuanya menjadi lebih rumit.

Anda bisa lewati dulu soal tersebut dan kerjakan semua soal yang termudah, lalu saat kembali ke soal yang dirasa sulit tadi, coba ingat kembali konsep dasar dari materi tersebut untuk menemukan jawaban yang paling tepat.

Sangat penting untuk mengetahui cara menghadapi olimpiade agar Anda bisa benar-benar siap secara mental, fisik, dan ilmu. Anda bisa mulai dengan 10 cara di atas dan seiring waktu temukan cara belajar yang lebih efektif untuk diri Anda. Bagi kamu yang ingin mengikuti berbagai kompetisi olimpiade secara Gratis, kamu bisa bergabung menjadi Member POSI dan dapatkan berbagai keuntungan lainnya.

 

 

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.