Hewan Vertebrata

Pengertian Hewan Vertebrata

Hewan Vertebrata adalah jenis kelompok hewan yang memiliki tulang belakang yang berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primer atau notokorda. Notokarda Vertebrata setelah dewasa akan mengalami penulangan menjadi sistem penyokong tubuh tubuh sekunder atau dikenal dengan tulang belakang (Vertebratae).

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Berikut ini ciri-ciri hewan vertebrata.

  1. Memiliki suhu tubuh yang panas serta tetap (Homoiternal) atau bersuhu dingin sesuai dengan keadaan lingkungan (Poikiloternal).
  2. Memiliki syaraf yang terdiri dari sumsum tulang belakang dan otak.
  3. Menggunakan paru kulit dan insang untuk bernapas.
  4. Memiliki kulit bagian luar (Epidermis) dan kulit bagian luar (Endodermis).
  5. Memiliki alat reproduksi yang berpasangan, kecuali pada burung.
  6. Mempunyai kelenjar bundar serta Endoksin yang mengeluarkan hormon pengendali.
  7. Alat pencernaan memanjang dari mulut hingga ke anus, yang berada disebelah vertran dan di belakang.

Klasifikasi Hewan Vertebrata

Berikut ini 5 hewan vertebrata berdasarkan klasifikasinya.

1. Mammalia

Mammalia adalah kelas hewan yang tubuhnya tertutup oleh rambut yang berfungsi sebagai insulasi yang memperlambat proses pertukaran panas dengan lingkungan, serta sebagai pelindung dari matahari dan mangsa.Ciri khas umum pada mammalia adalah memiliki kelenjar susu pada perut dan dada yang digunakan untuk menyusui anaknya.

2. Amphibia

Amphibia adalah kelompok hewan vertebrata yang dapat hidup pada dua habitat atau lingkungan, yaitu di darat dan di air. Secara keseluruhan mereka lebih sering tinggal disekitar habitat air atau tempat yang lembab, seperti rawa-rawa dan juga hutan tropis. Hewan ini umumnya memiliki suhu badan poikiloterm serta bernafas dengan insang dan paru-paru.

3. Reptilia

Reptilia adalah kelas hewan memiliki ciri khas tubuhnya yang bersisik yang terbuat dari keratin yang bertujuan mencegah kulit kering. Reptilia juga merupakan hewan yang bertelur serta memiliki lima jari, bernapas dengan paru-paru, dan memiliki jantung beruang tiga hingga empat.

4. Pisces

Pisces adalah kelas hewan vertebrata yang hidup dihabitat air dan bernafas dengan menggunakan insang. Hewan kelas pisces termasuk hewan berdarah dingin dan berkembang biak dengan cara bertelur.

5. Aves

Aves adalah kelas hewan yang tubuhnya memiliki bulu dan bersayap yang digunakan untuk terbang. Hewan Aves berkembang biak dengan bertelur dan bernafas dengan menggunakan paru-paru serta memiliki pundi-pundi udara untuk membantu bernafas.

Contoh Hewan Vertebrata

Berikut ini beberapa contoh hewan vertebrata.

  1. Orangutan (Mamalia)
  2. Angsa, Ayam, Kasuari, Pinguin (Aves)
  3. Kadal, Ular (Reptillia)
  4. Katak Pohon, Salamander sungai, Buaya (Amphibi)
  5. Ikan Hiu Berkepala Bison, Ikan Pari, Ikan Mas (Pisces)

Itulah beberapa contoh hewan vertebrata beserta ciri-cirinya. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.