Jangan panik

Pada akhir tahun 2019 virus covid-19 telah ditemukan di negara china.dan kemudian tersebar ke seluruh pelosok dunia. Dan dalam waktu singkat irus ini telah masuk ke indonesia. Pandemi covid-19 ini sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dampak Pembelajaran Daring Bagi Guru dan tenaga kependidikan lainnya, bahkan murid dan wali murid.

Pemerintah Indonesia menetapkan bahwa kondisi saat ini menjadi bencana nasional. karena melibatkan  kegiatan sosial yang dilakukan orang banyak. Adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan. 

Setelah ditetapkan menjadi bencana nasional, pemerintah  negara indonesia membuat kebijakan pendidikan, yang mana dahulu belajar mengajar dilaksanakan di sekolahan dan secara tatap muka, kini pembelajaran harus dilakukan dari rumah.

Dalam keadaan seperti ini, seluruh peserta didik dan guru dituntut untuk bisa menggunakan teknologi  sebagai alat bantu dalam melakukan pembelajaran daring. Guru dan peserta didik harus bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dan dapat dikembang kan ke dalam metode pembelajaran daring.

Adapun media yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran daring yaitu, google meet, zoom, google classroom, grup WA dan lain lain. Dan dari beberapa media yang telah disebutkan pasti ada dampak positif dan negatifnya.misalkan saja media E-learning yang menjadi media pendukung bagi pembelajaran online.

Dampak Positif Dan Negatif E-Learning Untuk Pembelajaran

E-learning memiliki Dampak Pembelajaran Daring Bagi Guru. E-learning juga dapat menunjang pembelajaran online seperti saat ini, dengan tanpa melakukan tatap muka antara guru dan peserta didik.

E- Learning kemudian akan di kembankan menjadi bebrasis WEB. Dan kemudian dikembangkan lagi ke dalam jaringan komputer yang lebih luas yaitu Internet. E-Learning dapat digunakan sebagai bahan ajar yang mampu membuat peserta didik dan guru menjadi lebih mandiri. Yaitu dengan memanfaatkan keunggulan media komputer.

Dampak Positif Pembelajaran Daring

Dampak Pembelajaran Daring Bagi Guru dan peserta didik salah satunya yaitu keterbatasan media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran E-learning menimbulkan adanya dampak positif bagi guru dan peserta didik. Simak penjelasannya dibawah ini :

  1. E-learning dapat meningkatkan partisipasi keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.
  2. Kemampuan peserta didik dalam belajar menjadi lebih meningkat dan mandiri.
  3. Di dalam E-learning juga terdapat icon icon materi  yang telah disiapkan oleh guru. Selain itu E-learning juga memiliki fasilitas multimedia yang dapat berupa suara ataupun video.
  4. Media E-learning merupakan media yang lebih ringkas, tidak sulit untuk dipelajari dan tidak berbelit belit, karena E-learning langsung masuk ke pembahasan materi pelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru.
  5. Materi yang ada di dalam media E-learning dapat dibaca dan dipelajari kembali, karena media E-learning dapat diakses selama 24 jam.
  6. Media E-learning lebih menghemat biaya dan waktu.

Dampak Negatif Pembelajaran Daring

Selain dampak positif dari pembelajaran online yang menggunakan media E-learning, ada pula dampak negatif juga. Simak penjelasan tentang dampak negatif pembelajaran dengan menggunakan media E-learning sebagai berikut:

  1. Kita kesulitan dalam memahami sistem yang ada di dalam media E-learning.
  2. Pengumpulan tugas dan absensi di E-learning dibatasi oleh guru.
  3. Guru menuntut untuk menggunakan media E-learning secara maksimal
  4. Perubahan peran guru, yaitu yang dahulu guru dituntut untuk memahami pembelajaran secara konvensional, sekarang guru dituntut untuk memahami pembelajaran secara ICT.
  5. Kesulitan dalam mengakses, karena jaringan yang buruk
  6. Jika peserta didik tidak bisa mengakses E-learning, maka akan berakibat pada nilainya.

Dampak Pembelajaran Daring Bagi Guru dan peserta didik di masa pandemi seperti ini menuntut guru dan peserta didik untuk menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Pembelajaran akan berjalan dengan maksimal apabila dilakukan menggunakan metode yang pas. Bagi kamu guru maupun siswa yang ingin melakukan pembelajaran lebih bisa mengikuti berbagai kompetisi dan olimpiade yang diadakan oleh POSI secara Gratis dengan cara bergabung menjadi Member POSI.

 

 

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.