Universitas Terbaik di Indonesia

Universitas Terbaik di Indonesia umumnya dinilai berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria tersebut antara lain pihak universitas harus mendapatkan akreditasi dari lembaga yang memiliki wewenang di Indonesia, memiliki program gelar sarjana 4 tahun atau gelar pascasarjana, dan aktivitas perkuliahan dilakukan berdasarkan format pendidikan tradisional, baik secara offline maupun online.

Berdasarkan penilaian diatas inilah beberapa Universitas swasta dan universitas negeri terbaik di Indonesia 2023.

1. Universitas Indonesia (UI)

Berlokasi di Kota Depok Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Beberapa tokoh penting yang merupakan alumni UI antara lain Sri Mulyani, Najwa Shihab, Chairul Tanjung, Dian Sastro Wardoyo, Nicholas Saputra, dll.

2. Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah UGM. Berada di Yogyakarta UGM merupakan salah satu Universitas yang cukup diminati. Beberapa tokoh alumninya antara lain Anies Baswedan, Joko Widodo, Amien Rais, Retno Marsudi, dll.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terbaik. Beberapa alumninya antara lain Muhammad Lukman Edy, Budi Setyarso, dll.

4. Institute Teknologi Bandung (ITB)

ITB merupakan salah satu universitas yang cukup populer dan banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Beberapa tokoh alumninya antara lain BJ Habibie, Soekarno, Ridwan Kamil, Rizal Ramli, dll.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Berlokasi di Surabaya Universitas Airlangga didirikan pada tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan. Beberapa tokoh alumninya antara lain Ignasius Jonan, Khofifah Indar Parawansa, Hatta Ali, dll.

6. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Berada di Jakarta Barat Universitas Bina Nusantara merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, terutama dalam hal bisnis dan entrepreneurship. Beberapa tokoh alumninya antara lain William Tanuwijaya, Yasa Singgih, Kevin Osmond, dll.

7. Universitas Padjajaran (Unpad)

Berlokasi di Jatinangor Jawa Barat, Unpad merupakan salah satu universitas yang cukup diminati oleh para calon mahasiswa. Beberapa tokohnya alumninya antara lain Annisa Pohan, Hotman Paris, AA Gym, Bambang Widjojanto, dll.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Berdiri pada 11 Maret 1976 Universitas Sebelas Maret berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Beberapa tokoh alumninya antara lain Tung Desem Waringin, Dodit Mulyanto, Mooryati Soedibyo, dll.

9. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Semarang, Jawa Tengah. Beberapa tokoh alumninya antara lain Michael Bambang Hartono, Tjahjo Kumolo, Susi Pudjiastuti, Zaidul Akbar, dll.

10. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan salah satu Universitas terbaik di Bogor, terutama dalam bidang pertanian. Beberapa tokoh alumninya antara lain Susilo Bambang Yudhoyono, Asma Nadia, Felix Siauw, Bobby Nasution, dll.

11. Universitas Telkom (Telkom University)

Didirikan pada tahun 2013 Universitas Telkom merupakan salah satu Universitas swasta terbaik di Bandung, terutama dalam bidang IT. Beberapa tokoh alumninya antara lain Herdy Rosadi Harman, Gina Sonia, Faisal Syam, dll.

12. Institut Teknologi Sepuluh September (ITS)

Institute Teknologi Sepuluh merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Surabaya yang didirikan pada tanggal 10 November 1957. Beberapa tokoh alumninya antara lain Tri Rismaharini, Cak Lontong, Maia Estianti, dll.

13. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Berada di Bandung Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu universitas terbaik yang berfokus pada ilmu pendidikan. Beberapa tokoh alumninya antara lain Dewa Eka Prayoga, Enggartiasto Lukita, Christian Hadinata, dll.

14. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Didirikan pada tahun 1965 Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu Universitas terbaik di Semarang. Beberapa tokoh alumninya antara lain Bambang Dwi Hartono, Prie GS, S. Prasetyo Utomo, dll.

15. Universitas Teknokrat Indonesia

Berdiri pada tahun 2017 Universitas Teknokrat merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Lampung. Meski masih terbilang baru, namun Universitas Teknokrat Indonesia cukup dipertimbangkan kualitasnya.

Itulah beberapa Universitas terbaik yang ada di Indonesia. Semoga info diatas bisa menjadi referensi untuk studi kuliah kamu selanjutnya ya. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.