Karakteristik Benua Eropa

Karakteristik benua Eropa memiliki perbedaan dengan benua-benua lainnya, begitu juga dengan karakteristik budaya benua eropa. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Eropa.

1. Terletak Di Sebelah Barat Benua Asia

Dari segi geografis Benua Eropa terletak di sebelah Barat Benua Asia. Dibatasi oleh serangkaian pegunungan ural, benua ini merupakan semenanjung bagian barat Benua Asia.

2. Memiliki luas 10.600.000 km2

Benua Eropa memiliki luas sekitar 10.600.000 km2. Menjadikan benua ini sebagai salah satu benua terbesar ke 6 di dunia setelah benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Antartika.

3. Memiliki Iklim Yang Beragam

Benua Eropa memiliki iklim yang beragam dibandingkan dengan benua lainnya. Benua ini memiliki 3 jenis iklim, yaitu iklim Subtropis, Iklim Sedang, dan Iklim Kutub.

4. Memiliki 3 Bentang Alam

Benua Eropa terbagi atas 3 bentang alam, yaitu dataran rendah, dataran tinggi di semenanjung, dan jalur pegunungan lipatan.

5. Memiliki Topografi atau Relief yang Bervariasi

Benua Eropa memiliki klasifikasi wilayah yang berbeda-beda. Beberapa wilayah tersebut antara lain wilayah Eropa barat, Eropa Utara, Eropa Tengah, Eropa Timur, dan Eropa Selatan.

6. Memiliki Jenis Flora Hutan Konifera

Benua Eropa memiliki jenis Flora yang berbeda dengan benua lainnya. Jenis Flora yang hidup di benua Eropa adalah tumbuhan berdaun jarum (Hutan Konifera) dan hutan yang menggugurkan daunnya di musim gugur. Beberapa contoh floranya antara lain Pohon Maple, Bunga Iris, Pohon Ek Merah, dll.

7. Memiliki Jenis Fauna yang Berkembang di Iklim Sedang dan Dingin

Benua Eropa memiliki karakteristik fauna yang berbeda dengan benua lainnya. Jenis fauna yang ada di benua Eropa umumnya adalah fauna yang berkembang di iklim sedang dan dingin. Beberapa contoh faunanya antara lain Beruang kutub, Serigala, Rusa, Ikan Tuna,  dll.

Itulah beberapa karakteristik Benua Eropa. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.