Organel sel

Organel sel tumbuhan memiliki perbedaan dengan organel sel hewan atau organel sel pada manusia, baik dari segi karakteristik maupun fungsinya.

Pengertian Organel Sel

Organel sel adalah struktur yang mempunyai satu atau lebih pekerjaan untuk dilakukan didalam sel. Fungsi kehidupan makhluk hidup terjadi disebabkan proses kerja organ sel.

Organel Sel Tumbuhan

Macam-macam organel sel memiliki fungsi organel sel masing-masing. Berikut ini bagian-bagian organel sel dan fungsinya.

1. Nukleus

Nukleus adalah organel yang paling besar memiliki DNA yang mana merupakan informasi genetik. Pada umumnya Nukleus berada di tengah sel, namun pada tumbuhan berada di tepi sel.

2. Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum Endoplasma adalah sistem membrane kompleks yang berbentuk tidak beraturan serta  membentuk jarring-jaring kerja. Organel ini berfungsi didalam sitoplasma sebagai saluran yang menghubungkan nukleus dan membran plasma. Retikulum endoplasma terbagi atas 2 jenis, yaitu Retikulum Endoplasama Halus dan Retikulum Endoplasma Kasar. Retikulum Endoplasma halus berfungsi sebagai tempat terbentuknya lemak, sedangkan Retikulum Endoplasma kasar berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

3. Ribosom

Ribosom adalah organel kecil yang memiliki ukuran diameternya sekitar 20 nm. Ribosom terdapat pada sitoplasma atau menempel pada membran RE ketika proses sintesis.

4. Badan Golgi

Badan Golgi adalah organel yang menyerupai struktur seperti jala yang kompleks. Salah satu fungsi organel ini adalah mengubah materi-materi yang terdapat didalamnya secara kimia dan berperan dalam membentuk enzim.

5. Lisosom

Lisosom adalah organel yang menyerupai kantong kecil, agak bulat, dan dibatasi oleh sistem membrane tunggal. Organel ini berfungsi untuk memproses materi yang diperoleh secara endositosis, autofagi, atau menghancurkan zat dan materi yang tidak diperlukan didalam sel, dan lain-lain.

6. Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang memiliki bentuk yang berbeda-beda, mulai dari bentuk bulat, oval, silindris, dan tidak beraturan. Pada organel inilah berlangsungnya respirasi aerobik dalam sel.

7. Plastida

Plastida adalah organel yang hanya ada pada sel tumbuhan. Pada organel ini berisi pemberi warna (pigmen). Klorofil adalah salah satu contoh plastida yang hanya terdapat pada sel-sel tumbuhan. Plastida yang terdapat klorofil disebut kloroplas, yang mana berfungsi sebagai organel utama penyelenggara proses fotosintesis.

8. Badan Mikro

Badan Mikro adalah organel yang diselubungi oleh membrane tunggal yang terdapat enzim katalase dan oksidase. Organel ini sendiri memiliki 2 tipe, yaitu peroksisom dan glioksisom.

9. Vakuola

Vakuola adalah sebuah rongga yang terbentuk di dalam sel dan dibatasi oleh membran tonoplas. Vakuola pada tumbuhan memiliki ukuran besar seperti pada sel-sel parenkim dan kolenkim. Pada Vakuola terdapat alkaloid, pigmen anthosianin, tempat penyimpanan zat makanan, dan tempat berkumpulnya sisa metabolisme.

Itulah beberapa struktur sel pada tumbuhan beserta fungsinya. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.