Manfaat Tugas Sekolah dan dampaknya bagi anak

Manfaat tugas sekolah memiliki dampak yang positif bagi anak. Meskipun begitu Tugas sekolah yang banyak, sering dikeluhkan oleh anak-anak ketika berada di rumah. Apalagi jenis tugas yang diberikan bisa sangat bervariasi sesuai dengan materi pelajarannya. Lantas, kenapa tugas sekolah banyak? Apa manfaat tugas sekolah dan dampaknya bagi anak?

Belum lama ini, pendidikan di sekolah diberlakukan sistem online untuk mencegah penularan virus corona. Namun, rupanya banyak siswa yang mengeluhkan kenapa sekolah online banyak tugas? Bahkan, jumlahnya bisa sangat banyak sehingga tidak sedikit yang merasa keteteran.

Kenapa Tugas Sekolah Banyak

Tugas yang terlalu banyak memang dirasa cukup memberatkan siswa. Namun begitu, sebenarnya pemberian tugas sekolah kepada para siswa memiliki beberapa manfaat. Adapun manfaatnya adalah seperti berikut:

1. Mengulang Pelajaran di Sekolah

Manfaat pertama dari pemberian tugas sekolah kepada siswa adalah sebagai salah satu upaya untuk mengingat kembali materi pelajaran yang diberikan. Dengan adanya tugas sekolah, maka siswa akan mengulang dan mengingat apa saja materi yang diterima di sekolah.

 

2. Melatih Anak Belajar Mandiri

Tugas sekolah juga bisa membantu melatih anak untuk belajar mandiri. Dalam hal ini, anak akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan semua tugas sekolahnya. Jika sudah mengalami kesulitan, maka anak akan meminta bantuan orang lain misalnya saja orang tua.

3. Melatih Disiplin Mengerjakan Tugas

Dengan adanya tugas sekolah, maka anak akan dilatih untuk disiplin mengerjakan tugas yang telah diberikan. Biasanya ada banyak tugas sehingga jika tidak disiplin maka otomatis tugas akan menumpuk dan semakin banyak yang harus dikerjakan.

4. Melatih Anak Mengatur Waktu

Kenapa tugas sekolah banyak? Hal ini rupanya juga bisa membantu melatih anak agar bisa mengatur waktu dengan baik. Mereka akan terbiasa mengelola waktu yang dimiliki untuk berbagai keperluan, seperti mengerjakan tugas, belajar, bermain, dan istirahat.

5. Membantu Meningkatkan Keterampilan

Untuk tugas-tugas tertentu seperti menggambar, menulis, atau perhitungan matematika maka hal itu akan membantu meningkatkan keterampilan anak. Dengan begitu, maka keterampilan mereka akan berkembang secara optimal.

6. Melatih Kerja Keras

Dengan adanya tugas sekolah yang harus diselesaikan sesuai jadwal, maka hal itu akan melatih anak untuk bekerja keras dan tidak mudah patah semangat. Anak-anak pun akan terbiasa dan menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan tugas yang diberikan.

7. Mendorong Kreativitas

Pada tugas-tugas tertentu seperti prakarya atau kesenian, anak-anak akan dituntut untuk kreatif dalam menghasilkan karya. Dengan cara ini, maka kreativitas mereka akan meningkat sehingga mampu memunculkan ide baru yang menarik.

Dampak Terlalu Banyak Tugas Bagi Anak

Memberikan tugas sekolah kepada anak memang bisa mendatangkan beberapa manfaat bagi anak. Namun, perlu diketahui bahwa pemberian tugas yang terlalu banyak justru akan memberikan dampak yang kurang baik bagi anak.

Pada beberapa kasus, anak mendapatkan tugas sekolah yang terlalu banyak dan tidak seimbang dengan tingkat perkembangan mereka. Hal ini rupanya memberikan dampak negatif, di antaranya adalah kurang tidur, stres, kurangnya waktu bermain, hingga masalah kesehatan.

Bahkan, beberapa studi menyebutkan bahwa pemberian tugas sekolah yang terlalu banyak tidak membantu anak untuk mendapatkan nilai yang bagus di sekolah.

Pasalnya, banyak nilai ujian siswa yang justru anjlok. Hal ini tentunya perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius agar ada solusinya.

Di satu sisi kenapa tugas sekolah banyak bisa membantu melatih anak untuk disiplin dalam mengatur waktu antara belajar dan bermain. Namun, di sisi lain terlalu banyak tugas justru akan memberikan dampak yang kurang baik. Oleh karena itu, tugas harus disesuaikan dengan kapasitas siswanya.

Bagi kamu yang ingin mengikuti pelatihan dan kompetisi olimpiade secara Gratis kini kamu bisa bergabung menjadi Member POSI, dan dapatkan berbagai keuntungan lainnya.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.