Fungsi Membran Sel

Fungsi membran sel sebagai kulit terluar sel memiliki peran yang cukup penting terhadap kinerja tubuh.

Pengertian Membran Sel

Membran sel adalah sebuat struktur selaput tipis yang menyelimuti sebuah sel. Selaput ini membatasi keberadaan sebuah sel serta memelihara adanya perbedaan dari isi sel dan lingkungan yang ditempati.

Fungsi Membran Sel

Berikut ini beberapa fungsi membran sel.

1. Melindungi Sel

Membran sel berfungsi untuk melindungi sel dengan tujuan agar bagian dalam sel tetap terjaga. Hal tersebut dilakukan dengan cara hanya membiarkan zat-zat yang dibutuhkan saja yang boleh masuk. Sedangkan zat-zat lain yang tidak perlu tidak dibiarkan masuk.

2. Menyelubungi Sel

Struktur membran sel berfungsi untuk menyelubungi sel dan mampu memberi batas yang mampu menyelubungi ruangan atau disebut dengan kompartemen.

3. Mencegah Masuknya Virus dan Bakteri

Membran sel berfungsi untuk mencegah masuknya virus dan bakteri. Adanya komponen intraseluler dari habitat ekstraseluler yang terpisah dari fungsi membran sel menyebabkan membran sel langsung menutup jalan virus dan bakteri agar tidak masuk kedalam sel.

4. Interaksi Antar sel

Membran sel berfungsi untuk membantu interaksi antar sel yang ada. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar antar sel dapat saling mengenal kemudian bertukar informasi serta subtraksi.

5. Transfer Informasi antar sel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Membran sel berfungsi membuat sel-sel yang ada didalam saling bertukar informasi. Terdapat reseptor pada membrane yang bisa berkombinasi dengan molekul tertentu. Hal ini dapat disebut sebagai kerjasama antara 2 substansi yang sesuai.

6. Mengatur Pertumbuhan Sel

Membran sel berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel, yaitu melalui keseimbangan antara endositosis dan eksositosi.

7. Sebagai Perantara Zat

Membran sel juga berfungsi sebagai perantara antar zat dari zat pelarut, dan juga mampu mengeluarkan zat yang ingin keluar.

8. Pembawa Reseptor

Membran sel berfungsi sebagai reseptor sekaligus tempat untuk meletakkan zat-zat tertentu. Zat tersebut nantinya akan saling berinteraksi dengan sel. Setiap reseptor memiliki susunan dalam mengikat zat-zat tersebut.

9. Sebagai Tempat Penyediaan Enzim

Membran sel berfungsi sebagai penyediaan enzim. Hal ini dikarenakan membran sel memiliki sistem enzim yang dikenal dengan adenilsiklase, yang terdapat pada hampir semua jaringan mamalia. Dengan adanya sistem enzim ini terjadilah perubahan ATP menjadi adenosine monosofastat atau cAMP didalam fungsi membran sel pada tumbuhan.

10. Memberikan Sinyal

Membran sel juga berfungsi memberikan sinyal, yaitu dengan cara mengikat molekul dari luar sel lalu pesan dalam bentuk sinyal disampaikan ke dalam sel. Fungsi memberikan sinyal ini terjadi dikarenakan terdapat kandungan protein yang tertanam pada membran sel.

11. Tempat Berlangsungnya Reaksi Kimia

Membran sel berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi kimia, dimana hal tersebut banyak terjadi didalam tubuh.

Inilah pengertian dan beberapa fungsi membran sel. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.