POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
Imperialisme adalah

Kolonialisme dan Imperialisme adalah salah satu kebijakan atau sistem yang dilakukan oleh Negara-negara penjajah kepada Negara yang dikuasai. Berikut ini beberapa penjelasannya.

Pengertian Kolonialisme

Kolonialisme adalah sebuah kebijakan yang dilakukan oleh Negara-negara penguasa dengan tujuan menguasai suatu wilayah atau daerah untuk mendapatkan sumber daya. Beberapa negara yang pernah melakukan Kolonialisme antara lain Belanda, Inggris, Portugis, Spanyol, dll.

Pengertian Imperialisme

Imperialisme adalah sebuah sistem dalam dunia politik dimana tujuan Imperialisme dilakukan untuk menguasai Negara lain baik itu untuk memperoleh kekuasaan maupun keuntungan dari negara yang dikuasai. Beberapa contoh Imperialisme antara lain negara Uni Soviet, Jepang, Republik Perancis, dll. Imperialisme sendiri terbagi atas 2 jenis, Imperialisme Kuno dan Imperialisme Modern. Imperialisme Kuno adalah Imperialisme yang dilakukan dengan motivasi kekayaan, kejayaan, dan penyebaran agama atau lebih dikenal dengan istilah 3G (Gold, Glory, Gospel). Sedangkan Imperialisme modern adalah Imperialisme yang muncul setelah revolusi industri yang didorong oleh motivasi ekonomi.

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme

Meski sama-sama merugikan Negara yang dikuasai, Kolonialisme dan Imperialisme ternyata memiliki perbedaan. Berikut ini perbedaannya.

  1. Kolonialisme dilakukan dengan tujuan untuk menguasai dan mengambil semua sumber daya yang ada, kemudian dibawa ke negaranya.
  2. Imperialisme dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengaruh pada semua bidang kehidupan Negara yang dikuasai.

Itulah beberapa pengertian serta perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme. Semoga info diatas dapat bermanfaat untuk kamu. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.