Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder ada beberapa aspek, baik dari segi jenis jaringannya maupun hasil pertumbuhannya

Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan Primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat adanya aktivitas pada jaringan meritematik primer (apikal). Pertumbuhan ini terjadi di 3 daerah secara bertahap, yaitu pada proliferasi (daerah pembelahan), elongasi (pemanjangan), dan daerah diferensiasi.

Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan Sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi akibat adanya aktivitas di jaringan kambium atau merismatik sekunder. Pembelahan ke arah dalam membentuk xylem sekunder. Sedangkan pembelahan kambium ke arah luar kemudian membentuk floem sekunder.

Perbedaan Pertumbuhan

1. Jenis Jaringan

Jenis jaringan pertumbuhan Primer dan Sekunder berbeda. Pertumbuhan Primer dikendalikan oleh Jaringan Meristematik Primer atau meristem apical akar. Disisi lain pertumbuhan sekunder dikendalikan oleh meristem lateral pada kambium vascular dan kambium gambus yang biasa disebut sebagai jaringan meristematik sekunder.  

2. Hasil Pertumbuhan

Hasil pertumbuhan Primer dan sekunder memiliki perbedaan. Pertumbuhan primer umumnya menghasilkan pertambahan panjang tunas dan akar. Sedangkan hasil pertumbuhan sekunder meningkatkan ketebalan ataupun lingkar tanaman.

Itulah beberapa perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder, semoga info diatas bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.