Sejarah Akuntansi

Sejarah Akuntansi memiliki perjalanan yang cukup panjang perkembangannya. Akuntansi adalah salah satu ilmu ataupun seni pencatatan dalam mengolah dan menganalisa catatan lalu kemudian disusun menjadi sebuah laporan keuangan.

Sejarah Akuntansi Dunia

Sejarah akuntansi terbagi kedalam beberapa bagian, Berikut ini beberapa rangkuman sejarah akuntansi di dunia.

1. Sejarah Awal Munculnya Akuntansi

Sejarah munculnya akuntansi berawal ketika masyarakat sudah mengenal nilai mata uang sebagai alat tukar dan transaksi bisnis sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Berawal dari sinilah ilmu akuntansi kemudian mulai diterapkan, salah satunya pada sebuah Kerajaan Mesir. Pada kerajaan tersebut seorang manajer mencatat transaksi perhari di atas sebuah kulit yang dinamakan calamos reed. Sang asisten menggunakan sistem akuntansi yang ia rancang sehingga ia dapat mengelola angkutan barang-barang di toko yang melewati sungai nil dengan efektif dan efisien. Pada tahun 4000 SM juga ditemukan sebuah catatan berbentuk akuntansi pada reruntuhan tembok bangunan peradaban Babilonia. Catatan yang serupa kemudian juga ditemukan pada sisa peradaban yunani kuno dan roma kuno. Meski memiliki kemiripan, namun beberapa penemuan diatas belum dapat sepenuhnya dikatakan ilmu akuntansi.

2. Sejarah Lahirnya Teknik Akuntansi

Teknik Akuntansi muncul pada tahun 3200 SM diwaktu yang bersamaan.Teknik yang pertama adalah teknik koin sejenis dengan bentuk tertentu yang disimpan dan ditandai lalu dimasukkan ke dalam sebuah amplop. Teknik yang kedua adalah teknik yang serupa dengan token yang disimpan dalam bentuk lebih besar dan beragam jenis.

3. Sejarah Sistem Pencatatan Akuntansi

Sistem pencatatan akuntansi ataupun pembukuan diterapkan pertama kali oleh Luca Pacioli, seorang ilmuwan asal Italia. Sistem pencatatan akuntansi tersebut pertama kali diterapkan pada 2 aktivitas, yaitu mencatat penarikan biaya sewa hingga pajak, dan mencatat perjalanan perdagangan dalam sekali jalan. Kedua aktivitas tersebut dicatat secara teratur dan berkelanjutan hingga melahirkan sistem pembukuan berpasangan (double entry).

4. Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi

Ilmu Akuntansi mengalami perkembangan pada abad ke-15, tepatnya disaat pengaruh romawi dalam bidang perdagangan menurun. Dikarenakan hal ini pusat perdagangan kemudian beralih ke Spanyol, Portugis, dan Belanda. Sejak saat itu laporan laba rugi mulai diterapkan pertahun untuk mengembangkan sistem penyusunan neraca dengan rutin dalam jangka waktu tertentu.

5. Sejarah Akuntansi di Indonesia

Perkembangan akuntansi di Indonesia berawal pada tahun 1747 di Jakarta. Setelah UU Tanam Paksa dihapus pada tahun 1870 perkembangan akuntansi  di Indonesia semakin meningkat. Banyak pengusaha belanda yang menanam modal di Indonesia dengan menggunakan sistem pembukuan Luca Pacioli. Kemudian pada tahun 1907 sistem auditing atau pemeriksaan mulai diperkenalkan dengan tujuan untuk mengontrol pembukuan perusahaan. Pendidikan Akuntansi di Indonesia pertama kali hadir pada Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia tahun 1952.

Itulah beberapa sejarah akuntansi yang wajib kamu ketahui. Semoga info diatas bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.