POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Hai Jawara POSI! Dunia Olimpiade Sains adalah arena kompetisi yang penuh dengan tantangan, inovasi, dan semangat juang yang tinggi. Para pelajar berbakat dari seluruh dunia berkumpul untuk menguji pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai disiplin ilmu.

Dalam komunitas ini, muncul berbagai istilah unik yang menjadi bagian dari bahasa sehari-hari para peserta. Istilah-istilah ini tidak hanya menunjukkan fenomena tertentu dalam kompetisi, tetapi juga mencerminkan budaya dan dinamika yang khas di kalangan peserta Olimpiade Sains.

Jika kamu baru terjun ke dunia olimpiade, mengenal istilah-istilah ini bisa membantumu lebih cepat beradaptasi dan merasa menjadi bagian dari komunitas ini. Berikut adalah beberapa istilah yang perlu kamu ketahui.

Contents

1. SILQOOD: Julukan untuk Peserta Curang

Siluman Qooda, atau sering disingkat sebagai silqood, adalah sebutan bagi peserta olimpiade yang berbuat curang. Istilah ini sudah ada sejak lama dan digunakan oleh para peserta olimpiade generasi sebelumnya. Sebutan ini menggambarkan seorang peserta yang mencoba memenangkan kompetisi dengan cara tidak jujur.

Sampai sekarang, istilah ini masih sering digunakan oleh anteq olim (sebutan untuk peserta olimpiade) untuk menandai pelanggaran. Misalnya, jika ada yang kedapatan curang saat pelaksanaan olimpiade, langsung saja dia dijuluki silqood.

2. IMBA: Para Jagoan di Olimpiade

Istilah imba berasal dari kata “imbalance” yang berarti tidak seimbang. Dalam konteks olimpiade, imba merujuk pada anak-anak olim yang memiliki kemampuan luar biasa dan jauh di atas rata-rata. Mereka ini seringkali dianggap tidak memiliki lawan sebanding di kompetisi.

Kalau di sekolah biasa ada anak pintar, di olimpiade ada anak imba atau anteq imba. Mereka ini biasanya sudah sangat mahir dan sering menjadi langganan juara dengan medali emas di setiap olimpiade yang diikutinya.

3. Anteq: Komunitas Peserta Olimpiade

Anteq adalah sebutan umum untuk seluruh peserta olimpiade sains. Daripada menyebut “anak biologi” atau “anak kebumian”, peserta olimpiade lebih sering menggunakan istilah anteq bio (biologi) atau anteq kebum (kebumian). Istilah ini mencakup semua bidang sains yang ada di olimpiade, sehingga semua peserta merasa termasuk dalam satu komunitas besar. Jadi, jika kamu mendengar seseorang disebut sebagai anteq, itu artinya dia adalah peserta olimpiade sains.

4. CHAOS: Soal yang Menantang

Chaos dalam bahasa Indonesia berarti “kacau”. Dalam konteks olimpiade sains, chaos merujuk pada soal-soal yang sangat sulit atau rumit. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan soal yang membuat peserta kewalahan.

Misalnya, “essay astro chaos” berarti soal esai di bidang astronomi yang sangat sulit. Atau, “kebum chaos, banyak silqood” bisa berarti soal kebumian yang sulit dan banyak yang mencoba curang. Istilah ini tidak hanya digunakan di olimpiade saja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari oleh para peserta olimpiade untuk menggambarkan situasi yang rumit atau sulit.

Manfaat Mengenal Istilah-istilah Olimpiade

Mengenal istilah-istilah unik dalam olimpiade sains memberikan banyak manfaat. Pertama, ini membantu kamu memahami dinamika dan budaya yang ada di kalangan peserta olimpiade. Kedua, dengan mengetahui istilah-istilah ini, kamu bisa lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama peserta. Ketiga, istilah-istilah ini juga bisa membantumu mempersiapkan diri lebih baik untuk menghadapi kompetisi.

Kesimpulan

Istilah-istilah unik seperti silqood, imba, anteq, dan chaos menjadi bagian dari budaya di kalangan peserta olimpiade sains baik yang nasional maupun internasional. Istilah-istilah ini tidak hanya menambah warna dalam komunikasi sehari-hari, tetapi juga membantu membangun solidaritas di antara para peserta. Dengan memahami dan menggunakan istilah-istilah ini, kamu akan lebih siap dan terintegrasi dengan komunitas olimpiade. Selamat berjuang dalam olimpiade sains, dan jadilah anteq yang berprestasi!

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI.

Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Cek informasi dan artikel menarik di Blog POSI.

Pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.