Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara umum pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2020 yang diselenggarakan secara online beberapa waktu lalu.

Walaupun kompetisi KSM tahun 2020 ini dilakukan secara online dikarenakan pandemi, tapi semangat siswa/siswi dalam menghadapi KSM tahun ini tidak turun.

Seperti yang dibilang Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar, juara KSM online 2020 adalah provinsi Jawa Tengah. Kemudian disusul posisi ekdua yaitu Jawa Timur, dan Jambi di posisi ketiganya.

Selanjutnya yang masuk dalam 10 besar adalah Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selata, Riau, Aceh, dan Banten.

Jawa Tengah menjadi juara umum dikarenakan semua siswanya yang sangat bersemangat dan giat belajar sehingga meraih banyak juara pada posisi I, II, dan III.

Jawa Tengah meraih 9 siswanya menjadi juara I, 24 siswa meraih juara II, dan 19 siswa meraih juara III. Dengan begitu ada total 52 pemenang dari Jawa Tengah yang menjadikan mereka juara umum pada KSM tahun 2020 yang sekarang ini.

KSM online 2020 diselenggarakan pada 9 – 11 November tahun 2020. Total ada 66.778 siswa/siswi yang mendaftar KSMO tahun 2020 ini, dan terdiri dari 22.120 siswa/siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI), 23.449 siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 21.208 siswa/siswi Madrasah Aliyah (MA).

Ada banyak cabang untuk setiap tingkatannya, dan setiap cabang panitia akan menetapkan tiga pesesrta dengan nilai terbaik sebagai juara I, lima terbaik berikutnya sebagai juara II, dan tujuh terbaik selanjutnya sebagai juara III. Jadi setiap cabang olimpiade memiliki 15 juara.

Kunjungi terus POSI untuk mendapatkan informasi seputar olimpiade sains terupdate. Jangan lupa share ke teman-teman lainnya ya, agar mereka mendapatkan informasi penting seperti yang kalian baca sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.