POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
Letak Astronomis Benua Asia

Letak astronomis benua Asia berbeda dengan benua lainnya, begitu juga dengan karakteristiknya. Berikut ini penjelasan karakteristik benua Asia beserta letak astronomis dan geografisnya.

Letak Astronomis Benua Asia

Benua Asia memiliki letak astronomis antara 11 derajat Lintang Selatan – 77 derajat Lintang Utara dan 26 derajat Bujur Timur – 169 derajat Bujur Barat.

Letak Geografis Benua Asia

Letak benua Asia secara geografis bisa dibilang cukup strategis. Yaitu berada diantara dua benua dan dua samudera. Disebelah selatan Benua Asia berbatasan langsung dengan Benua Australia dan Samudera Hindia. Sedangkan di sebelah utara berbatasan langsung dengan Benua Eropa dan Samudera Pasifik.

Batas-batas benua Asia:

  • Sebelah Barat: Benua Eropa yang dibatasi oleh Pegunungan Ural, Laut Ural, Laut Kaspia, Laut Merah, Terusan Suez, Laut tengah, dan Laut Marm.
  • Sebelah Timur: Samudera Pasifik dan Selat Bering
  • Sebelah Selatan: Samudera Hindia dan Benua Australia
  • Sebelah Utara: Samudera Arktik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai benua asia beserta batas-batas wilayahnya. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.