Jaga fisik

Membekali anak dengan pendidikan yang memadai merupakan tanggung jawab orang tua yang tidak boleh diabaikan. Pendidikan sendiri akan sangat berguna untuk kehidupan anak di masa yang akan datang. Lantas, apa pentingnya pendidikan bagi anak?

Pendidikan untuk anak bisa dimulai sejak dini. Adapun pentingnya pendidikan bagi anak usia dini bisa memberikan pengaruh yang positif terhadap tumbuh kembang anak sehingga semakin optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memberikan pendidikan yang baik, bahkan sejak usia dini.

Mengenal Manfaat Pendidikan Bagi Anak

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pendidikan memiliki arti yang sangat penting bagi perkembangan anak. Selain itu, bekal pendidikan yang cukup dan memadai akan memberikan banyak manfaat seperti berikut ini.

1.   Sebagai Pondasi untuk Masa Depan Anak

Melalui pendidikan, anak akan diajak untuk mengolah dan mengembangkan kemampuan kognitifnya. Bukan hanya dari segi kognitif saja, kemampuan untuk bersosialisasi pada diri anak juga akan berkembang secara maksimal.

Bekal pendidikan yang diberikan pada anak menjadi pondasi yang kokoh bagi masa depan mereka. Dengan begitu, anak akan lebih siap untuk menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dunia kerja jika sudah menyelesaikan studinya di tingkat akhir.

2.   Membangun Karakter Anak

Pendidikan yang diberikan kepada anak tidak hanya terbatas pada materi pelajaran sesuai kurikulum saja, tetapi juga pendidikan budi pekerti untuk membangun karakter anak. Dalam hal ini, pentingnya pendidikan agama bagi anak juga tidak boleh diabaikan.

Nilai-nilai keagamaan dan norma sosial juga menjadi bekal yang tidak kalah penting bagi anak. Diharapkan anak memiliki karakter yang kuat dengan akhlak dan kepribadian yang baik bagi lingkungannya.

3.   Memaksimalkan Potensi Anak

Potensi yang dimiliki oleh masing-masing anak bisa saja berbeda sehingga orang tua harus memberikan kesempatan agar potensi mereka semakin berkembang. Melalui pendidikan yang tepat, potensi yang dimiliki bisa berkembang optimal sehingga anak lebih percaya diri.

Potensi yang dimiliki akan sangat berguna bagi kehidupan mereka di masa yang akan datang. Dengan potensi tersebut, setiap anak akan lebih mengenali bakat dan kemampuannya sehingga bisa mengembangkannya untuk bekal di masa depan.

4.   Meningkatkan Taraf Hidup

Pentingnya pendidikan bagi anak mungkin tidak bisa dilihat secara instan karena semua butuh proses. Melalui pendidikan, anak akan memiliki bekal untuk meraih masa depan yang lebih baik. Karena kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik akan terbuka lebar.

Dengan adanya bekal pendidikan yang memadai, maka anak akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, bagi mereka yang lebih berminat untuk berwirausaha juga sudah memiliki bekal yang cukup sesuai bidangnya.

5.   Mengurangi Angka Kriminalitas

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak yang memiliki bekal edukasi yang memadai memiliki persentase lebih kecil untuk melakukan tindakan kriminalitas.

Sebaliknya, pada anak yang putus sekolah atau tidak mendapatkan edukasi memadai memiliki persentase lebih tinggi melakukan tindakan kriminal. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan bekal pendidikan yang cukup dan memadai bagi anak.

Di Indonesia sendiri saat ini telah diterapkan program wajib belajar hingga 12 tahun yang dimulai sejak sekolah dasar, SMP hingga SMA.

Bahkan untuk memberikan kesempatan kepada warga kurang mampu agar bisa tetap sekolah, pemerintah telah menggulirkan sejumlah bantuan, salah satunya PIP.

Pentingnya pendidikan bagi anak memang tidak boleh diabaikan oleh orang tua karena akan sangat berpengaruh pada kehidupan mereka di masa yang akan datang. Selain memberikan bekal pendidikan formal, anak juga perlu dibekali dengan pendidikan agama dan budi pekerti yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.