POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Contents

Pendahuluan

Hai Jawara POSI! Pasti banyak di antara kalian yang suka ikut lomba, entah itu lomba akademik, olahraga, atau seni. Tapi, pernah nggak sih kalian bertanya-tanya, apa sih sebenarnya manfaat mengikuti lomba? Yuk, kita bahas bersama-sama di artikel ini. Selain bikin hidup lebih berwarna, ternyata ikut lomba punya banyak manfaat yang bisa mempengaruhi kehidupan kita secara positif. Let’s dive in!

Meningkatkan Kemampuan Diri

Salah satu manfaat mengikuti lomba yang paling utama adalah bisa meningkatkan kemampuan diri. Ketika kita ikut lomba, kita dituntut untuk terus belajar dan berlatih. Misalnya, kalau kamu ikut lomba matematika, otomatis kamu akan lebih giat belajar matematika. Begitu juga kalau kamu ikut lomba olahraga, kamu pasti akan lebih rajin latihan fisik. Semua usaha ini akan meningkatkan kemampuan kita di bidang yang kita ikuti. So, ikut lomba nggak cuma sekedar menang atau kalah, tapi juga tentang proses belajar yang tak ternilai harganya.

Menambah Pengalaman

Ikut lomba juga memberikan kita banyak pengalaman berharga. Setiap lomba yang kita ikuti pasti punya tantangan dan cerita tersendiri. Pengalaman ini bisa kita gunakan sebagai bekal untuk menghadapi tantangan di masa depan. Contohnya, saat kamu ikut lomba debat, kamu akan belajar cara berpikir kritis dan menyampaikan pendapat dengan baik. Pengalaman ini pasti berguna banget buat kehidupan sehari-hari dan juga karir kamu di masa depan.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat mengikuti lomba lainnya adalah bisa meningkatkan rasa percaya diri. Ketika kita berhasil menyelesaikan lomba, apalagi kalau sampai menang, rasa percaya diri kita pasti akan meningkat. Kita jadi merasa lebih mampu dan siap menghadapi tantangan lainnya. Bahkan, saat kita nggak menang pun, keberanian kita untuk tampil dan berkompetisi di depan banyak orang sudah menjadi prestasi tersendiri yang bisa meningkatkan kepercayaan diri kita.

Membangun Jaringan Pertemanan

Ikut lomba juga bisa menjadi ajang untuk membangun jaringan pertemanan. Saat ikut lomba, kita akan bertemu dengan banyak orang baru dari berbagai latar belakang. Ini adalah kesempatan bagus untuk memperluas pergaulan dan membangun koneksi yang bisa bermanfaat di masa depan. Misalnya, kamu bisa bertemu dengan teman-teman dari sekolah atau universitas lain yang punya minat dan passion yang sama dengan kamu. Siapa tahu, dari pertemanan ini kamu bisa mendapatkan informasi atau peluang yang nggak terduga.

Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Tekanan

Lomba biasanya memiliki tekanan tersendiri, entah itu dari waktu yang terbatas, persaingan yang ketat, atau ekspektasi tinggi. Menghadapi tekanan ini secara langsung bisa membantu kita meningkatkan kemampuan mengatasi stres dan tetap tenang di bawah tekanan. Misalnya, saat mengikuti lomba cerdas cermat, kita harus cepat berpikir dan menjawab pertanyaan dengan benar dalam waktu yang singkat. Kemampuan ini akan sangat berguna di dunia kerja nanti, di mana kita sering dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan.

Menjadi Lebih Disiplin

Persiapan untuk mengikuti lomba membutuhkan disiplin tinggi. Kita harus bisa mengatur waktu untuk belajar atau berlatih secara konsisten. Disiplin ini akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalnya, saat kita terbiasa latihan setiap hari untuk lomba olahraga, kebiasaan ini bisa terus kita lanjutkan untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Disiplin yang kita kembangkan ini akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih teratur dan produktif.

Mengasah Kemampuan Kerja Sama

Banyak lomba yang dilakukan secara berkelompok, seperti lomba futsal, basket, atau lomba karya tulis ilmiah. Dalam lomba-lomba seperti ini, kemampuan kerja sama tim sangat penting. Kita belajar untuk mendengarkan pendapat orang lain, berbagi tugas, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kemampuan ini sangat penting dalam kehidupan profesional, di mana kita sering harus bekerja dalam tim untuk menyelesaikan proyek atau mencapai target.

Kesimpulan

Jadi, itu dia beberapa manfaat mengikuti lomba yang bisa kita dapatkan. Selain menambah kemampuan dan pengalaman, ikut lomba juga bisa meningkatkan rasa percaya diri, membangun jaringan pertemanan, meningkatkan kemampuan menghadapi tekanan, mengembangkan disiplin, dan mengasah kemampuan kerja sama. Jadi, jangan ragu untuk ikut lomba ya! Siapa tahu, dari lomba tersebut kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga dan teman-teman baru yang menyenangkan. Selamat berkompetisi, Jawara POSI!

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI.

Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Cek informasi dan artikel menarik di Blog POSI.

Pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.