Manfaat Teknologi dalam pembelajaran online di masa pandemi covid

Teknologi Informasi bisa dikatakan sebagai sesuatu yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai aspek. Manfaat Teknologi Dalam Pembelajaran juga sangat berpengaruh besar. Teknologi dan pendidikan menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, karena kedua aspek ini saling berhubungan.

Setelah satu tahun lebih indonesia menjalankan pembelajaran online di dunia pendidikan, yang dikarenakan adanya pandemi covid-19. Di masa pandemi, pembelajaran model daring menjadi pilihan terbaik untuk anak didik. 

Tetapi hal ini juga banyak tantangan yang muncul dalam proses pembelajaran daring, Salah satunya yaitu keterbatasan pengetahuan perihal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bagi guru dan peserta didik.

Manfaat Teknologi Dalam Proses Belajar Online

Para guru dan tenaga kependidikan dituntut  untuk menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Tidak hanya guru, bahkan peserta didik pun juga demikian. Manfaat Teknologi Dalam Pembelajaran salah satunya yaitu menunjang proses belajar online yang dilaksanakan secara daring. Simak manfaat teknologi dalam pembelajaran dibawah ini:

1. Menambah informasi

Menambah Informasi

Penggunakan teknologi dalam pembelajaran online yaitu sebagai sarana pendukung bagi siswa dan guru. Yaitu untuk mencari informasi yang lebih lengkap. Sering peserta didik mendapatkan tugas dan materi yang dianggap sulit, meskipun telat mencarinya di buku paket. Tetapi sekarang dengan adanya teknologi yang semakin canggih, peserta didik dapat mencari informasi tersebut melalui mesin pencari pada gadget ataupun laptop. Kemudahan ini dimanfaatkan oleh para siswa dan hampir seluruh guru dan tenaga pendidik mencari informasi melalui teknologi tersebut untuk mencari materi.

 

2. Meningkatkan kemampuan belajar

manfaat teknologi dalam pembelajaran online dimasa pandemi

Teknologi saat ini menjadi sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, karena informasi yang ada di internet lebih update dan selalu terbaru, sehingga peserta didik  dapat meningkatkan kemampuan belajarnya dengan mencari bahan belajar di internet.

3. Memudahkan akses belajar

manfaat teknologi dalam pembelajaran online dimasa pandemi

Manfaat Teknologi Dalam Pembelajaran  yang selanjutnya adalah dapat memudahkan dalam akses pembelajaran, misalkan saja guru dapat memberikan tugas melalui email, maka siswa akan  mengerjakan tugas tersebut dan dapat dengan cepat mengirimkannya kepada guru.

4. Materi yang digunakan lebih menarik

Manfaat Teknologi dalam pembelajaran online di masa pandemi covid

Penggunakan teknologi dalam pembelajaran akan membuat peserta didik semakin senang dan menarik. Siswa akan terkesan nyaman dan tidak merasa jenuh. Karena dengan menggunakan teknologi yang modern dapat membuat materi pembelajaran lebih menarik dan variatif.

5. Meningkatkan minat belajar siswa

manfaat teknologi dalam pembelajaran online

Informasi dan pengetahuan menjadi lebih mudah didapatkan berkat adanya teknologi yang canggih. Hal ini bisa meningkatkan minat belajar bagi siswa. Karena materi pembelajaran lebih mudah di akses.

6. Meningkatkan kualitas pendidikan

Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Adanya teknologi yang canggih dapat dimanfaatkan untuk meningkat kan kualitas dalam pendidikan. Dan pembelajaran sekolah online harus berjalan dengan maksimal, Karena pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan.

7. Media pendukung pembelajaran

Media pendukung

Dalam kegiatan pembelajaran, sebagian besar siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang monoton. Dengan adanya teknologi saat ini yang semakin canggih, mampu membuat pembelajaran dalam dunia pendidikan menjadi lebih inovatif dan kreatif. Dengan menggunakan teknologi yang ada, materi pembelajaran akan bisa disampaikan lebih menarik, misalkan saja materi pembelajaran disampaikan dalam bentuk video ataupun power point. Dengan cara seperti ini akan membuat peserta didik menjadi lebih tertarik dan fokus untuk melaksanakan pembelajaran.

8. Media belajar tanpa batas

Manfaat teknologi
Manfaat teknologi

Dalam kondisi pandemi seperti ini, teknologi berperan sebagai media yang sangat penting dalam pembelajaran. Siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran meski tanpa dengan tatap muka secara langsung. Teknologi menjadi media belajar tanpa batas, karena guru dan siswa dapat melakukan pembelajaran kapanpun dan dimanapun.

Manfaat Teknologi Dalam Pembelajaran sangat banyak, jadi tidak ada alasan bagi guru untuk tidak memberikan tugas dan materi kepada peserta didik. Begitupun dengan peserta didik, tidak ada alasan pula untuk tidak mengerjakan tugasnya. Bagi kamu yang ingin belajar online atau mengikuti berbagai olimpiade atau kompetisi online secara Gratis kamu bisa bergabung menjadi Member POSI

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.