POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Halo, Jawara POSI! Matematika adalah ilmu yang mempelajari pola, struktur, dan hubungan antar bilangan. Salah satu konsep dasar dalam matematika adalah operasi bilangan, yang merupakan proses menggabungkan atau memanipulasi bilangan untuk menghasilkan bilangan baru.

Contents

Empat Operasi Bilangan Utama:

  1. Penjumlahan: Operasi ini menggabungkan dua atau lebih bilangan untuk menghasilkan jumlahnya. Simbol yang digunakan adalah “+”. Contohnya, 2 + 3 = 5.
  2. Pengurangan: Operasi ini memisahkan satu atau lebih bilangan dari bilangan lain untuk menghasilkan selisihnya. Simbol yang digunakan adalah “-“. Contohnya, 8 – 4 = 4.
  3. Perkalian: Operasi ini menggabungkan beberapa bilangan yang sama secara berulang untuk menghasilkan hasil kalinya. Simbol yang digunakan adalah “x” atau “*”. Contohnya, 3 x 5 = 15.
  4. Pembagian: Operasi ini membagi satu bilangan dengan bilangan lain untuk menghasilkan hasil baginya. Simbol yang digunakan adalah “/” atau “:”. Contohnya, 10 : 2 = 5.

Sifat-sifat Operasi Bilangan:

Setiap operasi bilangan memiliki sifat-sifat yang perlu dipahami untuk menyelesaikan berbagai soal matematika dengan mudah. Berikut beberapa sifat yang penting:

  • Komutatif: Operasi penjumlahan dan perkalian bersifat komutatif, artinya urutan bilangan yang dioperasikan tidak memengaruhi hasilnya. Contohnya, 2 + 3 = 3 + 2 dan 4 x 5 = 5 x 4.
  • Asosiatif: Operasi penjumlahan dan perkalian bersifat asosiatif, artinya cara mengelompokkan bilangan yang dioperasikan tidak memengaruhi hasilnya. Contohnya, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4) dan (4 x 5) x 2 = 4 x (5 x 2).
  • Distributif: Operasi perkalian bersifat distributif terhadap penjumlahan, artinya hasil perkalian suatu bilangan dengan jumlah dua bilangan sama dengan hasil perkaliannya dengan masing-masing bilangan dan dijumlahkan. Contohnya, 4 x (2 + 3) = (4 x 2) + (4 x 3).
  • Identitas: Setiap operasi bilangan memiliki elemen identitas, yaitu bilangan yang tidak mengubah hasil operasi ketika dioperasikan dengan bilangan lain. Contohnya, 0 adalah elemen identitas penjumlahan (0 + a = a + 0 = a) dan 1 adalah elemen identitas perkalian (1 x a = a x 1 = a).
  • Invers: Setiap operasi bilangan memiliki elemen invers, yaitu bilangan yang ketika dioperasikan dengan bilangan lain menghasilkan elemen identitas. Contohnya, invers penjumlahan dari 3 adalah -3 (3 + (-3) = 0) dan invers perkalian dari 4 adalah 1/4 (4 x 1/4 = 1).

Menyelesaikan Soal Matematika dengan Operasi Bilangan:

Operasi bilangan merupakan dasar untuk menyelesaikan berbagai soal matematika, mulai dari soal sederhana hingga soal yang lebih kompleks. Dengan memahami konsep dasar, sifat-sifat, dan cara menyelesaikannya, kita dapat meningkatkan kemampuan matematika dan menyelesaikan berbagai soal dengan lebih mudah.

Kesimpulan:

Operasi bilangan merupakan gerbang menuju pemahaman matematika yang lebih luas. Dengan mempelajari konsep dasar, sifat-sifat, dan cara menyelesaikan materi ini, kita dapat meningkatkan kemampuan matematika dan menyelesaikan berbagai soal dengan lebih mudah.

Topik ini dapat kamu temukan di buku Jenius Olimpiade Sains (JOS) yang ada di POSI Store! Dapatkan segera di marketplace kesayangan kamu atau hubungi Admin POSI Store di sini

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI.

Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Cek informasi dan artikel menarik di Blog POSI.

Pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.