POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
toba science competition

POSI.ID, LAGUBOTI – Sekali lagi Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) hadir dengan event kompetisi sains terbesar untuk siswa-siswi yang berlokasi di daerah Toba dan sekitarnya yaitu Toba Science Competition pada Sabtu (15/04) lalu. Diikuti sebanyak 3.500 siswa, guru, dan orang tua dari berbagai tingkatan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA di Institut Teknologi (IT) Del, Laguboti, POSI telah sukses menyebarkan semangat berkompetisi meski di bawah teriknya matahari bulan Ramadan siang itu.

Tujuan dari diadakannya kegiatannya ini tak lain adalah untuk mencari bibit siswa calon pemenang kompetisi sains, memberikan pengalaman dan gambaran tentang kompetisi sains, menumbuhkan semangat berkompetisi, dan membentuk sportivitas pada siswa.

Ribuan peserta tampak begitu tekun dan antusias untuk mengikuti event kompetisi sains ini. Toba Science Competition resmi dibuka jam 08.00 pagi dengan kata sambutan dari MC perwakilan dari POSI dan IT Del. Selanjutnya diisi dengan kata sambutan dari CEO POSI yaitu Fahruroji sebagai inisiator dari event-event kompetisi yang dibawakan oleh perusahaan ini.

Fahruroji menyampaikan beribu terimakasih pada para pejabat daerah dan pegiat pendidikan di daerah Toba seperti Bupati Toba, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Samosir, Bapak Drs. Rikardo Hutajulu, M.Pd, dan juga Kepala Sekolah serta guru-guru pendamping yang sudah berdedikasi dalam menemani siswa-siswi bibit unggul Indonesia untuk mengikuti Toba Science Competition. 

Fahruroji juga menyampaikan harapan yang sangat besar untuk Toba Science Competition yaitu agar siswa-siswi yang berada di Sumatera Utara khususnya Toba dan sekitarnya agar bisa lebih proaktif dalam mencari ilmu dan meningkatkan kualitas diri sehingga dapat bersaing di liga nasional maupun internasional.

Lalu tidak lupa juga sambutan dari Perwakilan IT Del yaitu Ibu Mariana Simanjuntak. Ibu Mariana mengingatkan siswa-siswi untuk selalu semangat dalam meraih prestasi dan tidak merasa cepat puas atas pencapaian yang telah diraih. 

Kegiatan ini bukan pertama kalinya POSI selenggarakan di IT Del. Tahun lalu, POSI juga sempat mengadakan event serupa yaitu Olimpiade Sains Toba (OST) dengan jumlah peserta yang tak kalah banyak dari yang saat ini. Antusiasme dari sekolah dan orang tua murid di Toba juga lah yang mengantarkan POSI untuk mengulangi kesuksesan acara OST di tahun 2022 lalu itu. 

Ujian berlangsung dengan aman dan tenteram. Para siswa sibuk menghadapi soal olimpiade yang disesuaikan dengan silabus olimpiade sains. Ujian dilaksanakan sebanyak tiga gelombang yang berakhir sekitar pukul satu siang, mengingat peserta yang mencapai ribuan orang. Suasana khidmat dan semangat kompetisi terasa oleh siswa-siswi siang itu, meski di tengah bulan puasa. 

Pengumuman dilaksanakan pada sore hari, namun antusiasme peserta tak surut. SD Bonapasogit Sejahtera keluar sebagai Juara Umum untuk tingkat SD/MI dengan perolehan 10 medali emas, 4 medali perak dan 5 medali perunggu, diikuti oleh SD Plus Pride sebagai Juara Umum 2 dan SDN No.1 HKBP Balige sebagai Juara Umum 3. 

Untuk jenjang SMP/MTs, SMP RK Bintang Timur Pematang Siantar meraih penghargaan tertinggi Juara Umum 1 dengan perolehan 16 medalis emas, 25 medali perak, dan 41 medali perunggu. Disusul oleh SMP Bonapasogit Sejahtera dan SMP Santa Maria Tarutung sebagai Juara Umum 2 dan Juara Umum 3. 

Juara Umum untuk tingkat SMA diperoleh oleh sekolah tuan rumah yaitu SMA Unggul Del dengan perolehan 7 medali emas, 4 medali perak, dan 5 medali perunggu yang disusul oleh SMAN 1 Lumbanjulu di peringkat ke dua dan SMAN 1 Tarutung di peringkat ke tiga. 

Peserta-peserta peraih juara diminta untuk ke panggung untuk diberikan medali dan sertifikat penghargaan serta untuk berfoto dengan para tamu terhormat. Raut gembira terpatri di wajah-wajah mereka seakan mengatakan pada dunia bahwa keberhasilan mereka akan mengharumkan nama bangsa. Sekali lagi, selamat untuk para pemenang Toba Science Competition!

Sampai jumpa di event kompetisi POSI yang lainnya. Pastikan untuk tetap stay-in-touch dengan informasi lomba sains dan produk-produk edukasi kami melalui website, Instagram, Twitter, dan TikTok POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.