POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Pendidikan yang berkualitas adalah fondasi penting bagi kemajuan individu dan masyarakat. Salah satu aspek yang sangat penting dalam pendidikan adalah pengembangan literasi dan numerasi. Literasi dan numerasi adalah dua keterampilan dasar yang saling melengkapi dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel ini akan membahas apa itu literasi dan numerasi, perbedaannya, serta pentingnya kedua keterampilan ini dalam kehidupan kita.

Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan, yuk, cek dulu poster kegiatan luring POSI di Manhattan Times Square, Medan ini!

cek info tentang ONL ini yuk!

Contents

Pengertian Literasi

Literasi adalah kemampuan untuk membaca, menulis, memahami, dan menggunakan bahasa dalam berbagai bentuk dan konteks, yang mencakup beberapa kemampuan berikut:

  1. Membaca: Memahami teks tertulis dari berbagai jenis, seperti buku, artikel, dokumen, dan media digital.
  2. Menulis: Mengungkapkan pikiran, ide, dan informasi melalui tulisan yang jelas dan terstruktur.
  3. Pemahaman: Memahami dan menganalisis teks, serta menangkap makna dan tujuan penulis.
  4. Berkomunikasi: Menggunakan bahasa secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai situasi sosial dan profesional.

Materi ini juga bisa mencakup literasi digital (kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi), literasi visual (kemampuan memahami dan menggunakan gambar dan grafik), dan literasi media (kemampuan memahami dan mengevaluasi informasi dari berbagai media).

Pengertian Numerasi

Numerasi adalah kemampuan untuk memahami, bekerja dengan, dan menggunakan angka serta konsep matematika dalam berbagai situasi, yang mencakup beberapa kemampuan berikut:

  1. Berhitung: Melakukan operasi dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  2. Mengukur: Memahami konsep ukuran, berat, volume, dan waktu serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menganalisis Data: Mengumpulkan, menginterpretasikan, dan menganalisis data serta membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut.
  4. Pemecahan Masalah: Menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah praktis dan abstrak.

Materi ini juga mencakup kemampuan untuk berpikir secara logis dan kritis, serta menerapkan konsep matematika dalam situasi kehidupan nyata, seperti mengelola anggaran rumah tangga, memahami statistik dalam berita, atau merencanakan perjalanan.

Perbedaan dan Pentingnya Literasi dan Numerasi

  1. Fokus Utama:
    • Literasi: Berfokus pada bahasa dan komunikasi melalui teks dan tulisan.
    • Numerasi: Berfokus pada angka, data, dan konsep matematika.
  2. Keterampilan Dasar:
    • Literasi: Membaca, menulis, memahami teks, dan berkomunikasi.
    • Numerasi: Berhitung, mengukur, menganalisis data, dan memecahkan masalah matematika.
  3. Aplikasi dalam Kehidupan:
    • Literasi: Digunakan dalam membaca buku, menulis laporan, memahami artikel, dan berkomunikasi secara efektif.
    • Numerasi: Digunakan dalam mengelola keuangan, memahami statistik, melakukan perhitungan, dan memecahkan masalah praktis sehari-hari.

Pentingnya literasi dan numerasi tidak bisa diabaikan. Literasi dan numerasi adalah keterampilan yang esensial untuk semua aspek kehidupan. Literasi memungkinkan kita untuk memperoleh informasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan mengekspresikan ide kita secara efektif.

Numerasi, di sisi lain, membantu kita dalam pengambilan keputusan sehari-hari, mengelola keuangan pribadi, dan memahami informasi statistik yang sering kita temui di berbagai media.

Kesimpulan

Mengembangkan literasi dan numerasi adalah investasi penting untuk masa depan. Kedua keterampilan ini tidak hanya mendukung keberhasilan akademik, tetapi juga mempersiapkan individu untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memahami dan menguasai literasi dan numerasi, kita dapat berpartisipasi secara penuh dalam masyarakat dan membuat keputusan yang lebih baik untuk diri kita sendiri dan orang lain. Mari kita terus mendorong pentingnya literasi dan numerasi dalam pendidikan dan kehidupan kita sehari-hari.

Topik ini dapat kamu temukan di buku Jenius Olimpiade Sains (JOS) yang ada di POSI Store! Dapatkan segera di marketplace kesayangan kamu atau hubungi Admin POSI Store di sini

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI.

Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Cek informasi dan artikel menarik di Blog POSI.

Pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.