POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Atom, unit dasar penyusun materi, menyimpan misteri di jantungnya: inti atom. Inti atom, yang ukurannya berkali-kali lebih kecil dibandingkan atom itu sendiri, merupakan pusat massa atom dan mengandung dua jenis partikel fundamental: proton dan neutron.

Contents

Struktur Inti Atom:

Inti atom tersusun dari proton dan neutron yang terikat kuat oleh gaya nuklir kuat. Proton memiliki muatan listrik positif, sedangkan neutron tidak memiliki muatan. Jumlah proton dalam inti atom menentukan nomor atom, yang merupakan identitas unik suatu unsur. Jumlah proton dan neutron bersama-sama menentukan nomor massa atom.

Konstituen Inti Atom:

  • Proton: Proton adalah partikel subatomik yang memiliki muatan listrik positif. Jumlah proton dalam inti atom menentukan nomor atom unsur, yang merupakan identitas uniknya. Contohnya, atom hidrogen memiliki 1 proton, sedangkan atom oksigen memiliki 8 proton.
  • Neutron: Neutron adalah partikel subatomik yang tidak memiliki muatan listrik. Jumlah neutron dalam inti atom dapat bervariasi, dan ini memengaruhi isotop unsur. Isotop unsur memiliki jumlah proton yang sama, tetapi jumlah neutronnya berbeda. Contohnya, hidrogen memiliki tiga isotop: hidrogen-1 (1 proton, 0 neutron), hidrogen-2 (1 proton, 1 neutron), dan hidrogen-3 (1 proton, 2 neutron).

Peran Inti Atom:

Inti atom memainkan peran penting dalam menentukan sifat-sifat atom. Nomor atom menentukan sifat kimia unsur, seperti reaktivitasnya. Massa atom, yang ditentukan oleh jumlah proton dan neutron, memengaruhi sifat fisik unsur, seperti kerapatannya.

Radioaktivitas dan Reaksi Nuklir:

Inti atom yang tidak stabil dapat mengalami radioaktivitas, yaitu proses peluruhan inti atom yang melepaskan energi dan radiasi. Ada tiga jenis utama peluruhan radioaktif: peluruhan alfa, peluruhan beta, dan peluruhan gamma.

Reaksi nuklir adalah proses di mana inti atom berinteraksi dan menghasilkan inti atom baru. Contohnya, fusi nuklir, proses yang terjadi di Matahari, menggabungkan inti hidrogen menjadi inti helium dan melepaskan energi yang sangat besar.

Kesimpulan:

Inti atom adalah jantung atom yang menyimpan misteri dan kekuatan. Memahami struktur, konstituen, dan peran inti atom membantu kita memahami sifat-sifat atom dan fenomena alam yang menakjubkan seperti radioaktivitas dan reaksi nuklir.

Topik ini dapat kamu temukan di buku Jenius Olimpiade Sains (JOS) yang ada di POSI Store! Dapatkan segera di marketplace kesayangan kamu atau hubungi Admin POSI Store di sini

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI.

Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Cek informasi dan artikel menarik di Blog POSI.

Pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.