POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

POSI.ID, MEDAN – Setelah beberapa lama hanya mengandalkan kompetisi daring dikarenakan pandemi COVID-19, di tahun 2023 in Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) berharap untuk aktif menyelenggarakan event-event on-site.

Salah satunya adalah Olimpiade Sains Hardiknas (OSH) 2023 yang tahun lalu dilaksanakan secara online, kini diadakan besar-besaran dengan jumlah peserta setidaknya 3.000 orang di Manhattan Times Square, Medan Sunggal pada Minggu (14/05) kemarin.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional ini dimeriahkan oleh para partisipan meliputi siswa peserta lomba, para guru pendamping, orang tua, dan pihak-pihak terkait. Sejak pagi terlihat para peserta sudah memasuki lokasi yang terletak di lantai dua dan tiga Manhattan Times Square. Peserta berasal dari berbagai daerah baik dari dalam kota Medan maupun dari luar Medan. Semuanya bersemangat dan penuh harap akan keberhasilan dalam mengikuti event ini.

Pembukaan dimulai pada jam 9 dibawakan oleh MC. Turut juga hadir Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sumatera Utara, Ibu Dewi Sri Indriati Kusuma, S.Pd, M.Si, Marcomm Manager Manhattan Times Square, Bapak Tri Wahyudi, dan tak lupa juga Ketua POSI yaitu Fahruroji yang turut memberikan kata sambutan untuk pembukaan OSH 2023. Pembukaan diakhiri dengan penandatanganan MoU antara POSI dan IGI Sumut. Kegiatan lalu berlanjut dengan ujian gelombang satu pada pukul 10 pagi.

Sementara para siswa sibuk berkompetisi di dalam ujian, orang tua dan guru pendamping dapat mengeksplorasi berbagai pusat perbelanjaan, tempat makan, dan restoran di sekitar area Manhattan Times Square. Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung, pihak penyelenggara Olimpiade Sains Hardiknas bekerja sama dengan pihak keamanan setempat untuk memastikan situasi tetap terkendali.

Pengumuman dilaksanakan sejam setelah ujian gelombang kedua berakhir. Meski begitu, antusiasme dari partisipan tidak surut. Hall tempat pelaksanaan pengumuman sudah dipenuhi oleh peserta, para orang tua, dan guru pendamping. 

SD Swasta Bangun Insan Mandiri keluar sebagai Juara Umum OSH 2023 untuk tingkat SD/MI dengan perolehan 5 medali emas, 3 medali perak, dan 9 medali perunggu. Disusul oleh SD Swasta Plus Pride Pematang Siantar dan SD Swasta St. Antonius 1 Medan sebagai Juara Umum kedua dan ketiga.

Selanjutnya untuk tingkat SMP/MTs, SMP Swasta RK Bintang Timur Pematang Siantar dinobatkan sebagai Juara Umum dengan perolehan 7 medali emas, 10 medali perak, dan 22 medali perunggu. Hal ini sangat luar biasa mengingat di kompetisi POSI sebulan sebelumnya yaitu Toba Science Competition sekolah ini juga meraih penghargaan tertinggi Juara Umum 1. Disusul dengan SMP St. Yoseph Pemuda Medan sebagai Juara Umum 2 dan SMP Swasta Santo Thomas 1 Medan sebagai Juara Umum 3.

Dan yang terakhir untuk tingkat SMA/MA, SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan keluar menjadi Juara Umum Utama pada event OSH 2023 ini dengan perolehan 2 medali emas, 5 medali perak, dan 22 medali perunggu. Juara Umum 2 diraih oleh SMA Swasta Santo Thomas 1 Medan dengan perolehan 4 medali emas, 8 medali perak, dan 10 medali perunggu. Disusul di peringkat tiga Juara Umum diraih oleh MAS Darul Mursyid dengan perolehan 4 medali emas, 1 medali perak, dan 4 medali perunggu. 

Para peserta diberi penghargaan berupa medali, sertifikat, piagam penghargaan, dan piala juara serta berfoto bersama. Harapannya, event ini dapat menjadi jalan bagi para peserta untuk pengalaman berkompetisi dan memupuk keberanian serta sportivitas sebelum mengikuti kompetisi dengan skala yang lebih besar lagi seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Olimpiade tingkat Internasional. Selamat sekali lagi untuk para partisipan dan pemenang OSH 2023!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.