Hukum Newton

Hukum Newton merupakan salah ilmu fisika yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Berikut ini beberapa pengertian beserta rumus dan penerapannya.

Pengertian Hukum Newton

Hukum Newton adalah salah satu teori dalam ilmu fisika yang diciptakan oleh ilmuwan fisika Sir Isaac Newton. Terdapat tiga teori yang ia temukan, dimana teori tersebut berhubungan dengan pengaruh gaya pada benda yang bergerak. Hukum ini menyatakan bahwa hukum gerak yang menjadi hukum dasar dinamika dengan merumuskan gaya terhadap pengaruh gerak pada benda tertentu. Teori tersebut akhirnya kemudian dikenal dengan istilah Hukum Newton 1, Hukum Newton 2, dan Hukum Newton 3. Atas penemuan tersebut nama Newton kemudian diabadikan sebagai salah satu nama satuan gaya untuk menghargai jasa Sir Isaac Newton.

Rumus Yang Digunakan

1. Rumus Hukum Newton 1

Teori ini menyatakan bahwa resultan gaya yang bekerja pada benda dengan komposisi yang sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam akan selamanya terus diam.

Berikut ini rumus Hukum Newton 1:

∑F = 0 atau Resultan Gaya (kg m/s2)

2. Rumus Hukum Newton 2

Teori ini menyatakan bahwa kondisi benda yang bergerak dalam keadaan massa benda dan gaya yang ada pada benda tersebut juga diperhitungkan.

Berikut ini rumus Hukum Newton 2:

 F = m.a, 

Keterangan: F”adalah gaya (N), m adalah massa benda (kg), dan a adalah percepatan (m/s2).

3. Rumus Hukum Newton 3

Teori ini menyatakan bahwa tiap aksi akan menimbulkan sebuah reaksi. Apabila sebuah benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang mendapat gaya tersebut memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama kea rah yang berlawanan.

Hukum Newton 3 terbagi atas 3 jenis, Berikut ini rumusnya:

  • Rumus gaya gesek: Fg = u x N 

Keterangan: Fg = gaya gesek (N), u = koefisien gesekan, dan N = Gaya normal (N)

  • Rumus gaya berat: w = m x g

Keterangan: w = Gaya berat (N), m = massa benda (kg), dan g = gravitasi Bumi (m/s2)

  •  Rumus berat sejenis: s = p x g

Keterangan: s = berat jenis (N/m3),p = massa jenis (kg/m3), dan g = berat benda (N).

Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Penerapan Hukum Newton 1

Salah satu contoh penerapannya adalah ketika berada didalam mobil yang sedang bergerak. Mobil yang bergerak cepat lalu direm secara tiba-tiba membuat penumpang yang duduk dikursi terdorong kedepan. Begitu juga sebaliknya ketika mobil digas dan bergerak cepat secara tiba-tiba, penumpang yang berada di kursi akan terdorong kearah belakang.

2. Penerapan Hukum Newton 2

Salah satu contoh penerapannya adalah ketika batu dilempar keatas. Pada proses ini batu akan akan melaju dengan cepat keatas kemudian akan melambat dan berhenti akibat pengaruh gaya gravitasi. Setelah itu batu pun akhirnya meluncur ke bawah menuju permukaan tanah dengan kecepatan yang dipengaruhi oleh massa batu ditambah dengan gaya gravitasi bumi.

3. Penerapan Hukum Newton 3

Salah satu contoh penerapannya adalah ketika mendayung perahu di sungai. Proses mendayung ke arah belakang menyebabkan perahu bergerak kearah depan. Begitu juga sebaliknya, bila mendayung kearah depan maka perahu akan bergerak kearah belakang. Hal ini terjadi akibat adanya gaya aksi, perahu memberikan gaya reaksi yang sama besar dengan arahnya yang berlawanan.

Itulah beberapa pengertian beserta rumus dan penerapannya. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.