Perbanyak latihan

Sejak adanya wabah penyakit Covid-19. Indonesia mengambil kebijakan untuk semua anak didik belajar secara online. Sekolah Online Di Masa Pandemi dilakukan dari jarak jauh. Dalam pembelajaran online siswa dan guru memerlukan teknologi sebagai media pendukung dalam pembelajaran tersebut.

Agar pengetahuan anak didik tidak terputus dan terganggu, pembelajaran daring atau online harus tetap diupayakan dan tetap berjalan. Meski dalam pelaksanaannya nya tersebut sangat banyak kendala. Misalnya keterbatasan sarana dan prasarana berupa gadget dan jaringan internet bagi guru dan siswa.

Guru sebagai orang terpenting dalam dunia pendidikan harus bisa melakukan berbagai upaya untuk tetap bisa melaksanakan pembelajaran meski tanpa tatap muka dengan siswa. Dengan melalui media Whatsapp, google classroom dan lain lain pembelajaran masih bisa dilaksanakan.

Dengan menggunakan media pembelajaran whatsapp, google class room, modul dan yang lainnya, guru dapat mengirimkan materi pembelajaran kepada anak didiknya. Selain itu guru tetap bisa menjaga komunikasi dengan murid dan orang tua. Hal inilah yang membuat pemanfaatan teknologi sangat penting di musim pandemi covid-19.

Peserta didik dan guru juga memiliki kendala dalam pembelajaran, misalkan saja tidak memiliki Handphone, kuota internet dan jaringan sinyal yang buruk. Kendala tersebut bisa menjadi kendala dalam proses pembelajaran online.

Tetapi dalam permasalahan ini guru harus bisa menyikapi dan mencari solusi terbaik, agar peserta didik tetap bisa melakukan pembelajaran, meskipun dengan keterbatasan yang ada. Guru bisa meminta peserta didik untuk mengambil tugas mingguan di sekolahan, dan kemudian bisa mengumpulkannya kembali di sekolahan.

Tetapi ingat, cara tersebut harus tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Dan apabila kendala ada pada jaringan sinyal internet, maka Guru juga bisa memberikan batas pengerjaan yang sedikit longgar, agar siswa memiliki rentang waktu untuk mengerjakan tugas. Dengan demikian dalam mengerjakan tugas online tidak akan menjadi beban.

Tips Produktif Sekolah Online Di Masa Pandemi

Dengan berbagai macam keterbatasan untuk melakukan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid 19 ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru untuk selalu berlatih dan belajar agar pembelajaran daring tetap bisa berjalan dengan maksimal. Selain itu guru juga harus kreatif untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, agar bisa mengatasi kesulitan belajar.

Selain peran guru yang penting untuk selalu menciptakan kegiatan yang inovatif, pihak peserta didik juga harus melakukan cara bagaimana agar materi yang disampaikan guru dalam pembelajaran daring tersebut dapat terserap dengan sempurna. Berikut beberapa tips agar pembelajaran online tetap produktif :

1. Persiapkan media pembelajaran

Sebelum kita melaksanakan pembelajaran online, kita harus memastikan terlebih dahulu semua keperluan dan peralatan lengkap yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Seperti Hp, laptop, jaringan internet yang bagus, dan media lainnya yang bisa menjadi penunjang dalam kegiatan belajar daring.

2. Ciptakan ruang belajar yang kondusif

Agar Sekolah Online Di Masa Pandemi ini bisa berjalan dengan maksimal, peserta didik harus menciptakan ruangan belajar yang kondusif, hal ini sangat berbeda dengan saat peserta didik belajar di sekolahan. Terkadang konsentrasi dan mood belajar peserta didik menurun karena hal hal yang kecil.

Pilihlah ruangan yang nyaman dan tenang, dengan pencahayaan ruangan yang baik agar bisa lebih fokus dalam belajar online. Dan peserta didik harus menghindari belajar di tempat tidur, hal tersebut bisa membuat peserta didik mudah mengantuk dan lama kelamaan tertidur.

3. Disiplin waktu belajar

Tetap bangun pagi untuk meningkatkan produktivitas belajar. Meski belajar dari rumah, peserta didik harus tetap bangun pagi, dan belajar tanggung jawab dari dirinya sendiri, dengan demikian pembelajaran online akan berjalan dengan baik

Dari beberapa tips tersebut yang dapat peserta didik terapkan, agar Sekolah Online Di Masa Pandemi ini bisa terlaksana dengan baik dan produktif. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Bagi kamu yang ingin sekolah online atau belajar secara online kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan dan kompetisi olimpiade secara Gratis dengan cara bergabung menjadi Member POSI.

 

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.