sekolah saja tidak cukup

Pada dasarnya, sekolah dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu kepada peserta didik. Sekolah menjadi suatu hal yang wajib, dan bahkan ada program wajib belajar hingga 12 tahun. Namun, sayangnya sekolah saja tidak cukup untuk terjun ke dunia kerja.

Pendidikan sebenarnya bukan hanya terbatas pada kegiatan sekolah karena sejatinya pendidikan merupakan proses pembelajaran untuk mendapatkan skill, pengetahuan, nilai-nilai, serta kepercayaan. Sekolah sendiri menjadi tempat untuk mendapatkan pendidikan secara formal.

Memanfaatkan Pendidikan Alternatif selain Sekolah

Agar sukses di sekolah, tentu harus menjadi siswa yang patuh dan mengikuti pelajaran dengan baik. Namun, perlu digaris bawahi bahwa sekolah dan realita di masyarakat bisa saja sangat bertentangan sehingga dibutuhkan sikap terbuka untuk belajar selain materi yang diajarkan di sekolah.

Dalam hal ini, setiap individu dituntut untuk bisa mempertahankan hubungan yang positif dalam kehidupan sosial, bekerja secara pintar, hingga bagaimana agar bisa menjalani kehidupan yang lebih berarti. Oleh karena itu, diperlukan pola pikir yang kreatif dan bukan hanya sekedar nilai akademis.

Sekolah saja tidak cukup sebagai bekal hidup di masyarakat. Agar lebih siap dalam menempuh pendidikan yang sesungguhnya dalam kehidupan masyarakat, maka perlu memanfaatkan pendidikan alternatif seperti berikut ini.

1.   Jangan Membatasi Diri Hanya Belajar di Sekolah Saja

Jika ingin berkembang, maka jangan hanya mengandalkan pelajaran di sekolah saja karena ada banyak hal di luar sana yang bisa dipelajari sebagai bekal di masa depan. Pembelajaran di luar sekolah bisa didapatkan dari membaca buku, seminar, hingga pengalaman hidup.

2.   Melakukan Sesuatu Tidak Hanya yang Disukai Saja

Berada di zona nyaman memang memberikan kenyamanan tersendiri sesuai dengan namanya. Namun, akan lebih bagus lagi jika mau keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru meskipun hal itu tidak termasuk kegiatan yang disukai.

3.   Berbicara dengan Orang Sukses

Sekolah saja tidak cukup tanpa adanya rasa percaya diri dan kreativitas. Untuk membangun rasa percaya diri, mulailah berbicara dengan orang sukses. Lingkungan pertemanan yang terdiri dari orang sukses akan memberikan motivasi tersendiri.

Belajar dari orang sukses juga akan membangun pemikiran yang lebih kreatif dengan ide-ide baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Bagaimana mereka berani mengambil keputusan hingga mempertimbangkan risiko dari keputusan yang telah diambil.

4.   Berpikir di Luar Hal-Hal yang Sudah Dijelaskan

Berpikir di luar hal-hal yang sudah dijelaskan akan membuka perspektif baru sehingga memunculkan ide yang lebih segar dan bisa menjadi awal dari kesuksesan di masa yang akan datang. Berpikir dengan cara yang berbeda merupakan jalan lain untuk meraih kesuksesan.

5.   Pendidikan Tidak Terbatas Hanya Untuk Diri Sendiri

Berbagi pengalaman dan wawasan yang dimiliki bisa memberikan pengaruh yang cukup positif pada kepercayaan diri. Meskipun bukan berupa pengetahuan yang sifatnya besar, namun setidaknya berbagi ilmu akan mendatangkan manfaat bagi orang lain.

6.   Tetap Belajar

Belajar itu tidak hanya di sekolah saja karena setiap aspek kehidupan ada proses pembelajaran di dalamnya dan hal itu sangatlah berharga. Mempelajari hal baru akan membuat wawasan semakin bertambah demikian juga dengan mempelajari keterampilan baru.

Dengan bekal skill dan keterampilan yang dimiliki, rasa percaya diri dan wawasan yang luas maka akan lebih mudah untuk menghadapi dunia nyata setelah lulus dari sekolah. Meski begitu, semua memang butuh proses dan sangat penting untuk terus belajar.

Pada dasarnya, sekolah merupakan bagian dari pendidikan. Sementara pendidikan sendiri akan terus berlangsung hingga akhir hayat. Dengan proses pembelajaran yang kompleks dan kadang tidak terduga, maka sekolah saja tidak cukup untuk menghadapi kerasnya persaingan dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.