POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
teknik nuklir

Halo JawaraPOSI di mana pun kalian berada! Jurusan teknik nuklir lagi viral banget di berbagai platform media sosial. Jurusan ini mendadak jadi perbincangan akibat video Tiktok yang berisi percakapan seorang bapak dengan mahasiswi Universitas Gajah Mada (UGM) yang berasal dari jurusan ini.

Di Indonesia sendiri, jurusan satu ini hanya ada di satu universitas saja yaitu UGM untuk S1 dan di Sekolah Tinggi Teknik Nuklir untuk Diploma IV. Nah, berminat untuk masuk jurusan ini? Kira-kira apa saja yang bakal kamu pelajari di jurusan ini? Yuk, sama-sama kita bahas!

Sejarah Awal

Jurusan Teknik Nuklir UGM awalnya berdiri karena kerjasama UGM dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) pada tahun 1974. Pada tahun 1977, program studi yang berdiri di bawah fakultas teknik pun dibuka karena dianggap penting untuk pengembangan penelitian teknologi nuklir di Indonesia.

Lalu di tahun 1988, UGM kembali membangun kerja sama dengan perusahaan Jerman yaitu Kraftwerk Union-Siemens yang memberikan hibah alat lab dan dana untuk studi dan riset. Jurusan ini pun akhirnya berkembang dan terus berlanjut hingga kini.

Belajar Apa Di Teknik Nuklir

Di jurusan teknik nuklir, kamu akan belajar cara menggunakan energi yang dihasilkan dari reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi ketika inti atom digabungkan atau dibelah, dan bisa menghasilkan energi. Hal ini bisa digunakan untuk membuat listrik, mempelajari sifat atom, mengobati kanker, dan membuat bahan-bahan industri.

Untuk dapat memahami apa yang kamu pelajari di jurusan ini, kamu harus memahami beberapa konsep sains dasar seperti fisika, kimia, dan matematika. Kamu juga akan belajar tentang sifat dan perilaku inti atom, karena teknik nuklir melibatkan penggunaan dan manipulasi inti atom.

Selain itu, kamu akan belajar bagaimana mengendalikan reaksi inti atom untuk menghasilkan energi, memproduksi bahan bakar nuklir, dan juga aplikasinya di berbagai bidang seperti pengobatan, pertanian, dan industri. Selain itu, keselamatan dan keamanan Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang sifat dan perilaku inti atom sangat penting untuk belajar teknik nuklir dengan baik.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Nuklir

Sebelum memilih jurusan kuliah, tentunya kamu pengin tahu, dong, tentang prospek kerja dari jurusan yang akan kamu ambil. Nah, lulusan jurusan teknik nuklir punya keuntungan besar nih, soalnya mereka bisa bekerja di banyak sektor, seperti energi, pertambangan, perminyakan, dan lain-lain.

Selain itu, lulusan teknik nuklir juga memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan di bidang-bidang lainnya, seperti:

  1. Konsultan teknologi nuklir: Lulusan dapat bekerja sebagai konsultan teknologi nuklir untuk membantu perusahaan-perusahaan atau pemerintah dalam pengembangan teknologi nuklir yang aman dan efektif.
  2. Peneliti nuklir: Lulusan yang memiliki minat di bidang riset dan pengembangan dapat bekerja sebagai peneliti nuklir di lembaga pemerintah atau swasta, seperti BATAN, BPPT, atau universitas.
  3. Insinyur keselamatan nuklir: Lulusan dapat bekerja sebagai insinyur keselamatan nuklir untuk memastikan bahwa operasi nuklir dilakukan dengan aman dan terkendali.
  4. Ahli desain reaktor nuklir: Lulusan dapat bekerja sebagai ahli desain reaktor nuklir di perusahaan-perusahaan atau lembaga pemerintah yang bergerak di bidang nuklir.
  5. Konsultan energi terbarukan: Lulusan yang tertarik pada energi terbarukan dapat bekerja sebagai konsultan energi terbarukan untuk membantu perusahaan-perusahaan atau pemerintah dalam pengembangan teknologi energi terbarukan yang efektif dan berkelanjutan.
  6. Ahli pengolahan limbah nuklir: Lulusan dapat bekerja sebagai ahli pengolahan limbah nuklir di lembaga pemerintah atau swasta yang bergerak di bidang nuklir.
  7. Ahli radiologi: Lulusan juga dapat bekerja sebagai ahli radiologi di rumah sakit atau laboratorium yang menggunakan teknologi nuklir dalam diagnosis dan pengobatan penyakit.

Nah, itu dia informasi mengenai jurusan S-1 Teknik Nuklir. Apakah kamu salah satunya yang ingin masuk ke jurusan keren fakultas Teknik ini? Semoga info ini bermanfaat yah! Jangan lupa juga untuk daftar ke Member POSI dan isi pop-up di posi.id untuk dapetin informasi seputar kompetisi dan olimpiade. 

Cek artikel lainnya di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.