IQ Tinggi di Indonesia

Ada banyak tokoh dengan IQ tinggi di Indonesia. Salah satu tokoh Indonesia dengan IQ tinggi adalah Bacharuddin Jusuf atau lebih dikenal dengan nama BJ Habibie. Beliau bukan hanya popular dan terkenal di Indonesia, namun juga di Dunia.

Profil BJ Habibie

BJ Habibie merupakan salah satu presiden Indonesia ke 3 yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata. IQ BJ Habibie diperkirakan mencapai 200, nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan IQ orang indonesia pada umumnya. Tidak heran BJ Habibie termasuk salah satu orang dengan IQ tertinggi di dunia. Lahir di Parepare pada tanggal 25 Juni 1936, BJ Habibie berhasil mendapatkan gelar pertamanya sebagai Insinyur dari Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara di Jerman dengan status cumlaude.

Karir BJ Habibie

Memiliki IQ mencapai 200, BJ Habibie memiliki karir yang cukup sukses baik ketika masih di Jerman maupun ketika kembali ke Indonesia. Beliau pernah menjabat posisi penting mulai dari Kepala Riset dan Pembangunan Analisa Struktur Hamburger Flugzeugbau Gmbh, Kepala Metode dan Teknologi Divis Pesawat Terbang Komersial dan Militer MBB Gmbh, Wakil Presiden dan Direktur Teknologi MBB, Penasehat Teknologi Senior untuk Direktur MBB bidang luar negeri di Hamburg Jerman, dan beberapa posisi penting lainnya.

Presiden Indonesia

Setelah sekian lama berkarir di Jerman, BJ Habibie pun akhirnya berniat pulang ke Indonesia untuk membangun Negara kelahirannya. Pada tahun 1998 BJ Habibie diangkat sebagai Presiden Indonesia yang ke 3 menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri karena permintaan rakyat Indonesia. Masa jabatan Soeharto hanya berlangsung sebentar hingga oktober 1999. Meskipun singkat, Habibie berhasil membawa perubahan terutama disaat masa transisi Indonesia dari rezim orde baru ke masa reformasi. Salah satu kebijakan yang dibuat adalah UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Undang-undang tersebut menjadi solusi bagi kebebasan Pers yang pada pemerintahan sebelumnya tidak dibolehkan untuk bersuara. Selain itu BJ Habibi juga berhasil menghapus diskriminasi terhadap etnis tionghoa yang pada masa sebelumnya masih banyak terjadi.

Akhir Masa Kepemimpinan

Akhir masa kepemimpinan BJ Habibie sebagai presiden akhirnya berakhir setelah mendapat kritik keras karena lepasnya Timor Timur dari Indonesia. Ia dituntut oleh mahasiswa karena dianggap tidak dapat menjalankan amanah reformasi. Kepimimpinannya pun berakhir setelah mendapat keputusan pada sidang istimewa MPR 13 November 1999. Setelah masa kepemimpinannya berakhir BJ Habibie lebih banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga. Beliau wafat di usia 83 tahun pada tanggal 11 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta disebabkan gagal jantung.

Itulah kisah salah satu tokoh Indonesia yang memiliki IQ tinggi di indonesia, semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.