UTBK Adalah Jalur Masuk PTN

UTBK adalah salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Bagi kamu yang saat ini berencana melanjutkan studi pendidikan ke perguruan tinggi berikut ini pengertian dan tips agar kamu lulus UTBK!

UTBK Adalah Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri

UTBK kepanjangannya adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer tes masuk perguruan tinggi negeri. Jalur UTBK adalah salah satu jalur untuk masuk perguruan tinggi (SBMPTN), yang mana SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. UTBK sendiri umumnya diselenggarakan oleh LTMP (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), yang merupakan lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi di Indonesia yang telah memiliki standar.

Tips Lulus UTBK

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara agar dapat lulus UTBK, berikut ini beberapa tips lulus UTBK yang bisa kamu coba!

1. Rajin Latihan Soal

Soal-soal ujian UTBK dari tahun ke tahun biasanya memiliki pola yang kurang lebih sama. Oleh karena itu kamu harus rajin perbanyak latihan soal, terutama mengerjakan latihan soal-soal UTBK dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan rajin mengerjakan latihan soal, tentunya kamu akan terbiasa dengan soal-soal UTBK yang akan dihadapi nantinya.

2. Pahami Konsep

Saat mengerjakan soal UTBK tentunya kita juga harus bisa memahami konsep pengerjaan soal, sehingga kita tau strategi mana yang efektif dan efisien dalam mengerjakan soal UTBK. Strategi yang paling tepat adalah dengan mengerjakan materi soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu, kemudian baru mengerjakan soal-soal yang lebih sulit. Dengan begitu kamu pengerjaan soal ujian akan lebih efektif dan efisien.

3. Rajin Ikut Tryout

Mengerjakan soal-soal latihan biasa tentunya akan lebih lengkap bila kamu juga rajin mengikuti Tryout. Saat ini ada banyak Tryout-tryout UTBK yang bisa kamu ikuti, baik itu secara offline maupun online. Dengan mengikuti Tryout kamu tidak hanya akan lebih paham dengan soal-soalnya, namun juga akan lebih terbiasa dengan suasana ujiannya. Selain itu kamu juga dapat mengetahui seberapa kemampuan kamu dari hasil nilai tryout tersebut.

4. Mencari Informasi Terbaru Tentang UTBK

Ketika akan melaksanakan UTBK kamu tentunya juga harus rajin mencari informasi terbaru mengenai UTBK. Hal ini untuk menghindari kesalahan informasi, baik itu terkait dokumen maupun jadwal UTBK yang bisa jadi berubah-ubah seiring waktu. Karena bisa saja terjadi perubahan aturan antara UTBK yang sekarang dengan tahun sebelumnya.

5. Amati Peluang Pada Jurusan dan PTN Incaran

Disaat melakukan persiapan tentunya kamu juga harus melakukan riset terkait peluang jurusan mana yang kira-kira potensial untuk kamu ambil. Sehingga dengan begitu kamu tidak salah mengambil jurusan dan peluang kamu untuk lulus UTBK juga akan semakin besar.

6. Ikhtiar

Ketika semua persiapan sudah kamu lakukan, hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah Ikhtiar. Yaitu dengan berusaha semaksimal mungkin dan berdoa agar dimudahkan dalam menjawab soal ujian. Dengan begitu tentunya kamu akan lebih tenang, dan lebih siap dalam menghadapi UTBK.

Itulah pengertian dan beberapa tips supaya kamu bisa lulus UTBK. Semoga info diatas bisa bermanfaat buat kamu. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.