Review dan revisi

Banyak tantangan dalam pembelajaran daring, baik itu terhadap guru maupun siswa. Karena pembelajaran daring dilakukan secara fleksibel dan benar dikerjakan kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu ada Cara Belajar Online Yang Efektif untuk anak anak agar mereka memahami betul materi yang disampaikan oleh guru.

Pembelajaran dari yang dilakukan dirumah saja tersebut memiliki tantangan dalam pengawasan supaya anak anak dapat terus melakukan kegiatan belajar dengan maksimal. Selain itu banyak jua kendala yang dialami anak anak dalam belajar, salah satunya yaitu media yang digunakan belajar kurang memadai seperti jaringan internet yang kurang baik.

Tips Belajar Online yang Efektif

Belajar online dari rumah memang tidak semudah belajar dengan bertatap muka dengan guru langsung. Dengan belajar dari rumah, anak diharuskan untuk mampu mengkondisikan kemandirian dirinya sendiri. Simaklah Cara Belajar Online Yang Efektif Agar siswa siswi mampu mencapai pembelajaran yang maksimal.

1. Atur waktu sebaik mungkin

Anak dalam belajar jika tidak mampu mengatur waktu dengan baik maka dia akan dikejar deadline. Dengan demikian anak akan kehilangan mood belajar dan akan bermalas malasan dalam belajar. Maka selain anak harus bisa mengatur jadwal, orang tua juga perlu mengarahkan anak untuk mengatur jadwal anak sebaik mungkin.

2. Motivasi diri

Cara Belajar Online Yang Efektif  yaitu dengan cara menciptakan motivasi diri untuk terus belajar. Anak harus bisa memotivasi diri sendiri seperti jika berhasil mengerjakan tugas yang diberikan guru, maka bisa main bersama teman teman. Atau bisa juga dengan menuliskan kata kata motivasi kesukaan di dekat buku pelajaran.

3. Siapkan fasilitas penunjang

Alat penunjang menjadi hal penting dalam pembelajaran daring, seperti jaringan internet yang baik dan peralatan tulis serta perangkat utama yaitu gadget atau smartphone, bahkan laptop/PC.

4. Sesuaikan jadwal

Dalam poin ini peran orang tua sangat penting. Jangan sampai anak anak malah berlibur bersama teman temannya. Tetapi siswa harus belajar dirumah. Karena adanya pembelajaran daring dilakukan karena pemerintah meminimalkan kegiatan diluar rumah, agar mengurangi penyebaran virus Covid-19.

5. Pahami rencana belajar

Harus memahami urutan pembelajaran dengan baik, misalkan diminta untuk mempelajari materi di buku halaman 10 dan 11, maka lakukanlah perintah guru, jangan malah anak anak mempelajari halaman 20.

6. Jaga kebersihan

Kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan setiap waktu, terlebih lagi saat kita ditengan pandemi covid-19. Kita dianjurkan untuk rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, serta membersihkan perangkat belajar seperti handphon dan laptop.

7. Update pengumuman

Meski belajar dari rumah, anak anak juga diharuskan untuk bisa belajar dengan giat dan rajin. Orang tua memiliki peran penting untuk mencari informasi. Mencari informasi dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan cara bergabung dengan WA grup kelas daring. 

Dengan cara ini orang tua dan anak tidak akan ketinggalan pengumuman penting. Karena terkadang di grup WA kelas atau sekolah ada pengumuman tentang tambahan materi, pergantian jadwal ataupun yang lainnya.

8. Komunikasi dengan guru dan teman belajar

Guru dan siswa bisa melakukan komunikasi yang baik agar pembelajaran maksimal. Yaitu dengan membuat grup WA kelas untuk membahas materi materi yang belum dipahami. Komunikasi harus bisa berjalan dengan baik agar tidak terjadi miss komunikasi atau kesalah pahaman. 

9. Perhatikan deadline

Agar pembelajaran daring bisa efektif, anak dan orang tua wajib memperhatikan jadwal pengumpulan tugas. Jangan sampai tugas dikumpulkan melebihi batas waktu yang telah guru berikan.

10.  Ulangi Materi

Dalam pembelajaran daring waktu yang diberikan oleh guru biasanya hanya cukup untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Dengan singkatnya waktu banyak siswa yang masih belum memahami betul apa isi materi. Maka dari itu siswa harus mengulangi materi agar pemahaman siswa menjadi baik.

Cobalah Cara Belajar Online Yang Efektif  yang sudah dijelaskan diatas. Jika cara cara tersebut belum berhasil untuk memaksimalkan belajar daring, maka siswa dapat melakukan langkah perbaikan. Yaitu dilakukan secara rutin.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.